FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

-    Konon Katanya Laku di Jual, Per Ekornya Rp 2.000

TANJUNG PALAS – Binatang “Gareng” atau yang trend disebut oleh warga Tanjung Palas, Bulungan, Kalimantan Utara, dengan sebutan ‘ngingnging’ sekarang tengah diburu oleh sebagian pengepul setempat, konon harga jualnya cukup lumayan yakni Rp 2.000/perekor nya.
    Diketahuinya hewan Gareng alias Ngingnging alias Keriang yang bentuk tubuhnya mirip-mirip lalat namun badanya besar Sebesar ibu jari, oleh Ridho, salah satu tukang ojek yang biasa mangkal diterminal Tambangan Sungai Toko Batu di Tanjung Palas.
    “Laku om sudah banyak saya jual, harganya Rp 2.000 / ekor nya, “ cerita Ridho pagi tadi, Sabtu 4/3/2017 tanpa merinci dan menjelaskan dimana tempat pengepul hewan tersebut.
    Namun efek cerita Ridho cukup jitu, sebut sama namanya mas Anto, salah satu Warteg Bakso yang mangkal didepan Tambangan Tanjung Palas, bukannya sibuk menunggu pembeli melainkan asik menangkap Gareng.
    Iseng-iseng sambil menanyakan, menurut Mas Anto menyebutkan bahwa Gareng sekarang laku dijual.
    “Lumayan mas harganya Rp 2.000 / ekor, kalau semalam bisa menangkap 50 ekor kan bisa dapat duit Rp 100.000, “ ujarnya.
    Namun sejauh mana kebenaran hewan Gareng ini laku dijual masih perlu penelusuran atas kebenarannya. Tapi yang pasti saat ini sebagian warga Tanjung Palas sudah demam mengumpulkan hewan Gareng tersebut.  
    Diketahui, binatang ini banyak muncul hanya setahun sekali di penghujung musim hujan saja setelah berwujud serangga dengan nyaring suara yang pada umumnya bunyi serangga adalah untuk menarik lawan jenisnya untuk melangsungkan perkawinan.
    Setelah kawin Gareng akan meletakkan telur dalam tanah lalu matilah dia. Perubahan wujud/metamorfosis dari telur berubah menjadi larva yang di daerah tertentu dinamakan uret/embok-embok hingga menjadi Serangga lagi butuh waktu hampir setahun lamanya, sehingga Serangga yang bernama Gareng hanya ada dipenghujung musim hujan saja, Makanya Penghujung Musim Hujan hanya pada saat itulah adanya binatang/Serangga Gareng ini bermunculan dalam jumlah besar. * One.