FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

-    Disebut-sebut manfaatnya sebagai obat penyakit tertentu

TANJUNG SELOR – Masih ingat Gareng alias nginging alias keriang yang diburu oleh sebagian warga Tanjung Palas, Bulungan, Kalimantan Utara, untuk dijual kepada pengepul. Ternyata tidak semuanya bisa laku untuk dijual, melainkan hanya  jenis tertentu saja yang dicari oleh pengepul tersebut.
    Menurut Ridho, salah satu tukang Ojek yang biasa mangkal diterminal Tambangan Sungai Kelurahan Tanjung Palas Hilir, Selasa 7/3/2017 menyebutkan, hanya jenis keriang ekor kuning atau yang lazim disebut keriang hantu  saja yang laku dijual.
    “Biar sudah mati tetap saja laku asal sayapnya tidak ada yang putus, dan masih utuh, “ ujar Ridho.
    Menurutnya sampai saat ini dirinya masih intens untuk mengumpul keriang tersebut, “Masih, saya setiap hari mengumpul dan mencari jenis kering ekor kuning itu, “ ujarnya.
    Apabila sudah dirasa cukup maka Ridho langsung menghubungi orang yang membeli keriang tersebut melalui telpon. “ kalau dihubungi orangnya pasti datang, “ katanya.
    Hanya saja ketika ditanya siapa yang menjadi pengepul keriang jenis ekor kuning, Ridho agak sedikit tertutup. Bahkan ia mengaku sama sekali tak mengenal orang tersebut. * One