FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

– Berharap Segera Ada Nomor Registasi dari Pemprov Kaltara

NUNUKAN – Beberapa kali pertemuan yang sangat melelahkan, antara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Nunukan dan Tim Rancangan Peraturan daerah Pemkab Nunukan Kalimantan Utara, akhirnya Kamis, 23/3/2017 6 Raperda yang diusulkan oleh pemerintah disetujui melalui rapat paripurna dewan.
Adapun keenam Raperda itu antara lain, Raperda prakarsa Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, Raperda tentang Bangunan Gedung, Raperda tentang Perangkat Desa, Raperda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan di Kabupaten Nunukan, Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Dua(2) Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Nunukan, Raperda Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat dan Raperda tentang Tanda Daftar Gudang.
“Selanjut nya ke 6 Raperda yang telah mendapat persetujuan DPRD melalui sidang Paripurna ini akan dikirim kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara untuk segera mendapatkan nomor registrasi, “ kata Markus, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Nunukan melalui pesan WhatSapp, Jumat 24/3/2017.
Menurutnya, Raperda tersebut sebelum nya sudah dibahas bersama antara Tim penggarap Raperda prakarsa Pemkab dengan Bapemperda DPRD Kabupaten Nunukan. Melalui tahapan yang panjang yang diikuti dengan diskusi alot, khususnya menyangkut hal yang sifatnya prinsipil maupun dari segi bahasa atau istilah hukum yang perlu penjelasan dan penyempurnaan lainnya. Akhirnya ditemuilah kesepakatan antara kedua belah pihak bahwa ke 6 Raperda tersebut bisa mendapat persetujuan DPRD.
“Tentunya dengan telah disampaikannya ke 6 Raperda itu, diharapkan pihak Pemprov Kaltara bisa segera memberikan nomor registrasi sebagaimana mestinya. Agar nantinya Perda tersebut bisa menjadi payung hukum baik kepada pemerintah selaku pelaksana Perda maupun masyarakat sebagai objek dari Perda tersebut “ pungkas Markus.*One