FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

TANJUNG SELOR - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pers Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 9 Februari, berbagai harapan dan kritikan disampaikan, salah satu nya dari Kosmas Kajan, Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

Sebagai Sekretaris Komisi 1 DPRD Kalimantan Utara maupun sebagai masyarakat, Kosmas Kajan mengatakan, bahwa dengan HUT Pers Nasional kali ini kita pantas bersukur, karena selain negara kita sudah memberikan seluas-luasnya kepada insan Pers untuk menjalan kan fungsinya dengan kebebasan Pers sekarang, tentu seiring dengan itu kita  juga bebas untuk mencari alternatif media sebagai bahan bacaan sebagai corong informasi guna menambah khasanah pengetahuan bagi kita.

Sebagai pilar ke 4 dalam bernegara, setelah eksekutif, legislarif dan yudikatif, peran Pers sangat.lah besar dalam membangun negara. Terutama diera digital seperti sekarang. Dimana suatu kejadian didunia lain  atau didaerah lain dalam hitungan detik pula sudah bisa diketahui oleh kita semua.

Tentu harapan kita hendaknya pula insan Pers itu dalam menjalan kan fungsinya tidak.berjalan sendiri tapi tetap mengacu kepada kaidah dan norma-norma Jurnalistik yang sudah disepakati dan tertuang didalam undang-undang pokok Pers itu sendiri.

Artinya berita yang disajikan 100 persen mengandung kebenaran yang bisa dipertanggungjawabkan, alias bukan berita hoaks.

"Semoga Pers Kembali ke Khitah sebagai salah satu pilar Demokrasi bukan Media terkooptasi. Peran Pers ikut mencerdaskan Bangsa bukan ikut menyebarkan Hoax kepada Bangsa, " pungkas Kosmas Kajan. * Sahri.