FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

TANJUNG SELOR - Beberapa kesenian khas Bulungan tempo doloe yang nyaris punah dan tergerus oleh perubahan jaman kini mulai digali kembali oleh kelompok kesenian Mamanda Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara yang diketuai oleh saudara Marzali.

Dengan harapan beberapa kesenian khas Suku Bulungan itu bisa lestari sepanjang masa. Guna diwariskan kepada generasi muda etnis Bulungan sendiri dimasa yang akan datang.

Menurut Marzali kepada media ini beberapa waktu  lalu menyebutkan, seperti diketahui, dengan perkembangan jaman dan semakin beragam nya etnis di Kabupaten Bulungan saat ini tentu sangat berpengaruh besar terhadap kesenian dan kebudayaan daerah itu sendiri.

Bila tidak disikapi dengan bijaksana ada kemungkinan kesenian tradisional Bulungan akan terlupakan dan hanya akan menjadi catatan sejarah.

Ia juga menambahkan untuk melestarikan kesenian Mamanda ini dibentuklah komunitas Mamanda Dulmuluk Tanjung Palas. 

Dimana Mamanda dikenal adalah sebuah seni peran. Yang alur ceritanya menceritakan kehidupan masyarakat sehari-hari, maupun ungkapan dalam bentuk sindiran.

Selain Mamanda, kelompok atau komunitas ini juga melestarikan kesenian beladun, tarian dan seni kuntaw atau beladiri khas Bulungan. * Sahri.