FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

Oleh : Rahman Putrayani SS MM

Melirik potensi pertanian, perkebunan dan peternakan di Kalimantan Utara yang masih cukup besar sebagai sumber pengembangan ekonomi daerah. 

Daratan Kaltara sangat luas dan subur, sehingga sangat cocok dijadikan sumber agroindusri pertanian, perkebunan, holtikultura dan usaha peternakan. Ini adalah satu kekuatan yang dimiliki oleh Kaltara, sehingga perlu menjadi fokus pemerintah daerah kedepan. 

Pengembangan sektor pertanian harus lebih kepada upaya mekanisasi dan industrialisasi pengolahan produk pertanian (hilirisasi). Hal ini dapat menarik perhatian dan minat petani milenial untuk mengembangkan sektor pertanian melalui dorongan pemerintah. 

Selain itu, produk olahan tentu mampu menghasilkan nilai lebih dari hasil pertanian itu sendiri, dimana hasil produk mentah yang biasa dijual Rp. 20.000 per Kg bisa naik menjadi Rp. 70.000 - 100.000 per kilogramnya. 

Swasembada pangan sangat mungkin diwujudkan di kaltara dimasa depan, khususnya di kabupaten Bulungan, Malinau dan Nunukan melalui berbagai program Food and Rice Estate sesuai dengan program prioritas Gubernur Kaltara, Dr. H. Irianto Lambrie.
 
 Editor : Sahriansyah