FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA


Sektor Pertanian dan perkebunan di Kalimantan Utara terus menggeliat, berkat dukungan pemerintah serta kemandirian petaninya.

Contohnya dengan terbukanya lahan pengembangan food estate disepanjang delta Kayan seluas 50.000 Hektar, terus dikembangkan dengan sistem pertanian pasang surut yang cukup memproduksikan gabah kering yang cukup lumayan besar pula. 

Luasan persawahan itu juga dari waktu kewaktu juga terus bertambah, seiring dengan animo masyarakat petani yang bermukim disepanjang Sungai Sesayap, Sungai Sembakung, Sungai Malinau, sungai Sebuku, Kaltara untuk membuka lahan persawahan disepanjang sungai tersebut.

Budaya pengembangan padi ladang pegunungan sampai saat ini juga masih dipertahan kan oleh masyarakat, sehingga untuk kecukupan pangan warga dimaksud selalu tercukupi sepanjang tahun nya, bahkan berlimpah.

Karenanya bila sektor ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, bukan mustahil kedepan Kaltara bisa jadi penyangga sektor pangan untuk ibukota negara, bila kelak ibukota tersebut pindah ke Penajam Provinsi Kalimantan Timur. * Sahri.