FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

Oleh : Rahman Putrayani SS MM
 
Gubernur Kalimantan Utara, Dr. H. Irianto Lambrie terus mendorong pembangunan infrastruktur dan energi di Kaltara. Menurutnya, sebagai DOB Kaltara harus dibentuk pondasi yang baik dan kuat. 

Untuk mempercepat mencapai tujuan kesejahteraan bagi masyarakat Kaltara, salah satu cara adalah dimulai dari pembangunan infrastruktur dasar dan penyediaan energi. Langkah strategis seperti ini akan menjadi pondasi kuat bagi pertumbuhan ekonomi Kaltara nantinya, "sekarang pertumbuhan ekonomi Kaltara tertinggi di Kalimantan, bahkan diatas nasional yakni rata-rata diatas 7 persen, ungkap Gubernur. 

Hingga saat ini, pembangunan infrastruktur dasar sudah banyak progres mulai dari jalan, jembatan, pelabuhan, bandara dan lainnya. Sebelumnya infrastruktur kita masih jauh ketinggalan dibanding provinsi lain, tapi sekarang kita sudah maju dan bahkan sejajar dengan mereka, kita optimis nanti Kaltara menjadi terdepan, tuturnya. 

Di sisi lain, Kaltara juga sedang membangun sumber energy listrik terbesar di ASEAN dengan kapasitas diatas 9.000 MW. energi ini diproduksi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau hydropower plant. Ini akan menjadi pendukung pembangunan Mega Proyek di Kaltara kedepan, seperti Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) dan  Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor, tambahnya.
 
Eeditor : Sahriansyah.