FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

- Tingkatkan Kualitas Layanan Perijinan, DPMPTSP Nunukan Kerjasama Dengan Pemprov Kaltara

NUNUKAN, WARTA HUMAS  - Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan melalui DPMPTSP untuk meningkatkan kualitas pelayanan perijinan dengan penggunaan sistem elektronik terus diwujud nyatakan dan tidak sekedar wacana. Selain yang pertama menerapkan OSS (Online Single Submission) di Kalimantan Utara dalam proses perijinan, DPMPTSP juga telah menerapkan SIMBG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan dan Gedung) dalam proses pengurusan IMB.
 
Tidak cukup sampai disitu saja, hari ini Jumat (06/12) DPMPTSP Kab. Nunukan melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara dalam rangka pemanfaatan Aplikasi Perizinan Sistem Online Kalimantan Utara (PESONA).
 
Menurut Kepala DPMPTSP kab. Nunukan H. Hanafiah,SE.,MSi Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) ini merupakan tindak lanjut MoU dan hasil dari pertemuan beberapa waktu yang lalu di Tarakan.
Menurut Hanafiah, dalam pertemuan tersebut ada 2 hal penting menjadi bahasan. Yang pertama adalah status DPMPTSP Kab. Nunukan yang tadinya berstatus Madya telah berubah menjadi Prima.
 
" Dan yang kedua adalah DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara bersedia membantu penggunaan aplikasi PESONA di Kabupaten Nunukan, aplikasi pesona ini digunakan untuk proses perijinan yang tidak melalui sistem OSS, karena dari 105 jenis Perinjinan, 63 jenis ijin usaha telah menggunakan OSS, dan sebanyak sebanyak 42 jenis perijinan masih manual, jadi dengan adanya PESONA maka ijin usaha yang tidak terakomodir dalam OSS dapat dilakukan secara sistem", tutur Hanafiah.
 
Menurut Hanafiah dengan adanya proses perijinan dengan sistem elektronik animo masyarakat dalam mengurus perijinan meningkat cukup tinggi. Dengan memperhatikan letak geografis wilayah kabupaten Nunukan yang telah menjadi 21 kecamatan, Hanafiah pada kesempatan ini menyampaikan harapannya agar Pemerintah Provinsi untuk dapat mendukung perangkat proses perijinan khususnya bagi daerah terpencil.
 
DPMPTSP Nunukan sendiri dalam rangka kerjasama dengan Pemprov Kaltara ini juga menyiapkan replikasi sistem informasi Manajemen berupa SIMPADAN (Sistem Perizinan Daerah Nunukan).***