FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

TANJUNG SELOR -:Persiapan dan penyiapan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar ditingkat SLTA sederajat hingga keperguruan tinggi terus dilakukan, agar kebutuhan Sumber Daya Manusia  (SDM) Kalimantan Utara yang berkualitas dan siap pakai diberbagai bidang segera terpenuhi.

Dijenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat, selain membantu siswa kurang mampu atau siswa berprestasi melalui program beasiswa Kaltara Cerdas, pemenuhan kebutuhan sarana prasarana proses belajar mengajar juga disiapkan.

Misalnya seperti penyiapan titik Very Small Aperture Terminal (VSAT) Mangoesky.

Pemasangan prasarana teknologi informasi ini, dikhususkan di SMA dan SMK guna menunjang pelaksanaan 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan.

Pengadaan V-SAT Mangoesky yang dijalankan oleh PT Telkom (Persero) menggunakan media satelit dengan sistem kontrak setahun.

Pengadaan fasilitas ini, sebagai salah satu upaya pemprov agar semua wilayah bisa terjangkau jaringan internet. Terutama, di sekolah-sekolah, agar bisa melaksanakan UNBK.

Untuk mendukung program percepatan persiapan dan kesiapan SDM disektor perguruan tinggi, ribuan Mahasiswa Kaltara dibantu melalui program beasiswa Kaltara cerdas.

Program ini rutin dianggarkan pada setiap tahun anggaran. Dimana anggaran nya dikelola oleh Dewan Pendidikan Nasional Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan harapan melalui program tersebut akan lahir SDM para pemuda sesuai keahlian nya masing-,masing. * Sahri