FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

NUNUKAN - Warga Kecamatan Lumbis Ogong, Kapaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara mempertanyakan anggaran Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang yang pada tahun anggaran 2020 ini tak lagi dianggarkan oleh pemerintah.

Padahal biasanya seperti Tahun Anggaran sebelumnya dan Tahun Anggaran 2019 lalu, anggaran SOA tersebut rutin dianggarkan.

Diketahui Kecamatan Lumbis Ogong adalah salah satu kecamatan yang dekat dengan perbatasan negara Indonesia dan Malaysia.

Serta sangat tertutup dan terpencil. Akses kesana hanya bisa dilalui dengan jalur sungai dari Mansalong Kecamatan Lumbis.

Melalui pesan WhatsAPP,  Dauth, Camat Lumbis Ogong, Dauth, 12/1/2020 menyebutkan, terkait dapat dan tidaknya Kecamatan Lumbis Ogong anggaran SOA Tahun Anggaran 2020 belum diketahui persis 

"cuman ada informasi Kecamatan Lumbis Ogong  tidak dapat anggaran SOA pada tahun anggaran ini, " ujarnya.

Sesuai infografis yang beredar didunia Maya, terkait kecamatan mana saja yang dianggarkan untuk anggaran SOA, antara lain,  untuk Kabupaten Nunukan kecamatan Lumbis Pansiangan, Lumbis Hulu , Tulin Onsoi, Sebakis dan Kecamatan Seimenggaris.

Untuk SOA barang di Kabupaten Malinau masing-masing Sungai Tubu, Mentarang Hulu, Kayan Hilir, Bahau Hulu dan Kecamatan Pujungan.

Diketahui Kecamatan Lumbis Ogong, beribukotakan Desa Samunti, dengan jumlah desa sebanyak 26 Desa setelah pemekaran Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan. Berpenduduk 3.564 jiwa dan 961 Kepala Keluarga.

Terkait hal itu, media ini coba mengkonfirmasi ke Disperindagkop Provinsi Kalimantan Utara, sayang nya saat itu seluruh unsur yang berkompeten sedang mengadakan rapat staf.

Dihubungi melalui pesan WhatsAPP,  Deny Hariyanto Plt Kepala DPKAD Provinsi Kalimantan Utara, mengatakan, khusus untuk anggaran SOA, ada dianggaran mereka. 

"SOA anggaran nya tersedia dibelanja PPKD di OPD kami, namun terkait pelaksanaan dan teknis kegiatan ada di OPD teknis terkait. Karena belanja subsidi tidak diperkenankan secara aturan dianggarkan di OPD teknis, " ujarnya singkat. * Sahri