FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

- Atau di APBD Murni Tahun Anggaran 2021

TANJUNG SELOR - Berkaitan  dengan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang, disebut yang menerima anggaran SOA di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, meliputi desa Sumintobol, Sumantipal, Labang dan Desa Panas yang dulunya masuk dikecamatan Lumbis Ogong dan kini setelah dimekarkan masuk ke Kecamatan Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan.

Bahwa berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri nomor 138/5505/BAK tanggal 24 September 2019, perihal kode wilayah kecamatan Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu, maka desa yang dahulunya diusulkan pada kecamatan Lumbis Ogong, kini telah dimekarkan dan masuk kedalam kedua kecamatan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Utara, usai melaksanakan rapat dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Provinsi Kalimantan Utara selaku instansi tekhnis yang menangani SOA, Selasa 21/1/2019.

Menyoal anggaran untuk peruntukan SOA barang tahun anggaran 2020, Herman menjelaskan, berdasarkan yang tersedia di APBD sudah jelas peruntukan nya, dan tidak mungkin lagi diutak-atik.

"Khusus Lumbis Ogong, kemungkinan bisa saja nanti dianggarkan di APBD Perubahan atau di APBD Murni tahun anggaran 2021 nanti, " kata Herman.

Ia juga menambahkan bahwa SOA akan diberikan secara bergiliran, tidak mesti desa yang pernah mendapatkan akan terus mendapatkan nya.

Namun dalam hal ini DPRD akan terus mendorong pemerintah, tetap memberikan SOA kedaerah perbatasan di Kalimantan Utara.

Berulang-ulang Herman menyebut, sesuai Klaripikasi Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Utara, maka desa yang dahulu diusulkan kini masuk kecamatan Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan setelah dimekarkan dari Lumbis Ogong tersebut. *Sahri.