FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

TANJUNG SELOR -  Praktisi Pendidikan di Provinsi Kalimantan Utara, Syarwani S Pd M Si sangat menyayangkan, untuk testing Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara ,(ASN) tahun angaran 2020, khusus Guru atau tenaga pendidik di Kalimantan Utara tidak  ada formasinya alias nihil.

Padahal, diketahui untuk guru khusus pada bidang mata pelajaran tertentu untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kaltara masih sangat kurang.   

Menurut Syarwani, yang juga mantan Ketua DPRD Bulungan periode masa bakti tahun 2014 -, 2019 menambahkan, bahwa untuk kecukupan guru disetiap sekolah wajib menjadi prioritas, agar percepatan sumber daya manusia yang ahli disegala bidang bisa segera terpenuhi sesuai harapan.

"Mudah-mudahan ini kedepan nya  bisa menjadi bahan evaluasi bagi  Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara sebagai OPD tekhnis, " tegas Syarwani.

Syarwani yang juga saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara juga menambahkan, pertanyaan nya  kenapa sampai formasi untuk guru tidak ada. Padahal kalau dilihat sangat banyak putera Puteri Kaltara yang memang banyak lulus dari Fakultas Keguruan yang harusnya dimana kesempatan itu ada untuk mereka bisa mengikuti testing menjadi calon pegawai negeri sipil, tapi lantaran tak ada formasi kesempatan tersebut menjadi tertutup.

Dalam hal ini apakah kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Repormasi dan Birokrasi yang tidak memberikan formasi, atau memang Dinas Tekhnis melalui Pemprov Kaltara yang tidak mengusulkan nya  sehingga formasi untuk tenaga guru tidak ada.

Diharapkan kedepan Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara bisa melakukan pemetaan terhadap kebutuhan guru SMA dan SMK, minimal kebutuhan selama 10 tahun kedepan, sesuai kewenangan undang-undang 23 untuk diwilayah Provinsi Kalimantan Utara tersebut.

"Sehingga nantinya bisa direncanakan dan bisa diperjuangkan ketika ada rekrutmen tenaga CPNS khusus untuk guru, " pungkas Syarwani. * Sahri.
.