FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

Terjadinya malnutrition atau gizi buruk pada balita, penyebab utamanya adalah kemiskinan.

Artinya, sejak dalam kandungan hingga dilahirkan kedunia, balita tersebut minim mendapatkan asupan.

Bagaimana dengan terjadinya kasus gizi buruk di Provinsi Kalimantan Utara?. Tentu juga faktor penyebab salah satunya  ada lah kemiskinan tersebut.

Misal saja kasus penyakit gizi buruk yang diderita oleh Azam asal SP 5 Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan.

Tentu banyak faktor yang menyebabkan Azam menderita gizi buruk sejak lahir.

Misalnya, kebutuhan dasar seperti air bersih juga masih belum banyak menjangkau pemukiman yang ada di Kalimantan Utara. Tak heran masih banyak warga yang mengkonsumsi air sungai langsung tanpa pengolahan sebagaimana air bersih yang diproduksi oleh Perusahan Dareah Air Minum (PDAM) yang hanya ada dikecamatan dan ibukota kabupaten saja.

Sebagai acuan, sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Akmal Taher, Sp.U, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan Kesehatan, mengatakan kasus malnutrisi yang terjadi di daerah urban sering disebabkan oleh kemiskinan.

"Penyebabnya banyak, orang sakit juga bisa jadi malnutrisi. Tapi secara umum itu kemiskinan dan akses pelayanan kesehatan. Di daerah urban kebanyakan kemiskinan. * Sahri.