FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

MALINAU - Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid 19 sebaiknya dimulai dari lingkungan rumah tangga sendiri, artinya setiap rumah tangga melaksanakan penyemprotan disinfektan dirumah dan lingkungan nya masing-masing 

"Gerakan peduli mandiri ini harus dimulai dari lingkungan rumah tangga, lingkungan RT, kecamatan hingga kekabupaten kota, dan bila dilaksanakan secara bersamaan hasilnya akan lebih epektif, " tegas Heber Anderias, Ketua Gerakan Masyarakat Anti Narkoba (Geman) Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu yang lalu 

Apalagi kata dia, bahan baku pembuatan disinfektan mudah didapat dipasaran. Tinggal petugas yang ditunjuk memberi contoh pembuatan nya kepada masing-masing ketua RT selanjutnya ketua RT mengajar masyarakatnya untuk membuat disinfektan tersebut.

"Tinggal pemerintah menyiapkan handspayer atau keepspray untuk dibagikan disetiap RT, sebagai sarana warga menyemprot disinfektan dirumah dan lingkungan nya masing-masing secara bergantian, " ujar Herber Anderias.

Dalam melaksanakan kegiatan penyemprotan, setiap rumah tangga wajib mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh pemerintah, melalui tim pengendali Covid 19.

"Negara dan bangsa kita adalah bangsa yang besar, dan kita pasti mampu bergandengan tangan dalam membasmi atau memutus mata rantai Pandemi virus Corona atau Covid 19 ini, " tutup Heber Anderias. * Sahri.