FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

- Dunia Usaha Dan Kontraktor Lokal Diminta Peduli
 
MALINAU - Dengan diumumkan nya dua pasien positif terpapar Corona Virus atau Covid - 19 di Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Pengurus Forum Pemuda Peduli Malinau (FPPM), Elisa Selutan minta semua pihak di Malinau harus bahu membahu bersama bagaimana rasa aman dan nyaman dilingkungan nya masing-masing.

"Artinya bagaimana setiap masyarakat itu bisa mengambil perannya masing-masing tanpa perlu menunggu pemerintah, " ujar Elisa.

Misalnya, menyiapkan makanan untuk petugas yang ditempatkan disetiap pintu keberangkatan dan kedatangan. Supaya para petugas yang ditempatkan bisa tenang dan nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

Lebih lanjut Elisa juga menambahkan, himbauan untuk kebersamaan dalam mencegah Pandemi Corona Virus tidak hanya kepada masyarakat awam. Dunia usaha maupun kontraktor yang ada di Malinau juga harus memiliki kepedulian, menyisihkan sebagian pendapatan nya untuk membantu pencegahan Pandemi Corona Virus tersebut.

Dibagian lain, Lawyer muda Malinau, Theodorus SH, yang juga tergabung diorganisasi FPPM mengatakan, untuk petugas yang ditempatkan di garis depan, perlu dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar medis. Agar keamanan mereka dapat terjamin dengan baik.

"Regulasi untuk petugas terdepan dalam mencegah Pandemi Corona juga perlu dipikirkan. Misalnya membuat Peraturan Bupati sebagai payung hukum pelaksanaan tugas dilapangan, " ujar Theo.

Diantaranya mangatur shif yang bertugas termasuk bagaimana insentif khusus kepada mereka, minimal insentif yang diberikan bisa untuk  menambah nutrisi petugas yang berada digaris depan. * Sahri.