FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

MALINAU - Warga Gang Bersaudara RT 14 Malinau, persisnya didepan terminal di jalan Swadaya, Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, meminta pemerintah untuk melaksanakan rehab berat atau membangun jembatan jerambah baru dilingkungan dimana tempat mereka tinggal saat ini.

Menurut salah satu warga sebut saja namanya Tina, yang bermukim digang Bersaudara menyebutkan, jembatan jerambah yang ada dilingkungan mereka yang ada saat ini pertama kali dibangun diakhir masa jabatan mantan Bupati Malinau Dr Marthin Billa. 

Dimana konstruksi jembatan nya juga bukan terdiri dari bahan kayu besi (Ulin), melainkan hanya jenis kayu bengkirai, maka wajar saja saat ini pada bagian lantai dan gelegar jembatan banyak yang sudah mulai lapuk.

"Untuk diketahui, jembatan ini juga murni sumbangan salah satu pengusaha jasa konstruksi Malinau saat itu, bukan menggunakan anggaran APBD " kata Tina.

Awalnya jembatan Jerambah di gang Bersaudara panjangnya  hanya lebih kurang 100 M dengan lebar lebih kurang 2,5 M. Namun seiring bertambahnya warga maka secara swadaya panjang jembatan ditambah, dimana sekarang panjang jembatan tersebut lebih kurang 150 hingga 175 Meteran.

Oleh sebab itu dengan kondisi jembatan yang sekarang sudah reyot,   warga gang saudara berharap kepada Pemkab Malinau melalui program Gerdema bisa membangun jembatan jerambah baru ditempat mereka. * Sahri.