FOTO : JURNAL KALTARA / ISTIMEWA

bersumber dari sebuah situs forum www.forum.jalan2.com, diberitahukan bahwa kuliner khas kalimatan utara sangat beragam dan wajib anda cicipi ketika anda sedang mengunjungi beberapa tempat wisata di kalimantan utara. berikut ini adalah kuliner di sana yang bisa anda cicipi kelezatanya dengan rasa khas nusantara.

Kuliner Di Kota Tarakan

Di Kota Tarakan terkenal dengan makanan lautnya, dan khususnya adalah kepiting. Berbagai macam olahan sudah dihasilkan dari hewan yang satu ini. yang paling populer adalah Kepiting Soka. Kepiting ini bisa kita makan keseluruh bagian tubuhnya. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga bisa di buat camilan atau kerupuk. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Tarakan belum lengkap jika tidak mencicipi olahan kepitingnya.

Selain kepiting Kota Tarakan juga punya masakan khas lainnya yaitu Kapah. Kapah juga merupakan makanan laut khas Kota Tarakan. Kapah adalah sejenis kerang yang ada di pesisir pantai Kota Tarakan. Jika mengunjungi Pantai Amal, Kapah akam menjadi menu utama dan makanan favorit pengunjungnya. Kapah disajikan dengan cara direbus, yang menjadu ciri khas adalah sambalnya. Hampir seluruh rumah makan di sana akan menyediakan Kapah, baik yang mentah untuk di bawa pulang dan yang telah matang yang bisa langsung dinikmati sambil mengagumi indahnya panorama Pantai Amal. Di Tarakan juga terkenal dengan buah terap yang bisa anda nikmati sebagai makanan penutup. Buah terap ini juga dapat dibuat berbagai macam olahan makanan yang lezat.