Connect with us

Berita PEMPROV KALTARA

Awali Pekan Juli, Gubernur Terima Audiensi BUMN Hingga Kelompok Masyarakat

Published

on

AUDIENSI : Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum menerima audiensi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) dan di Kantor Gubernur Kaltara, Senin (1/7).

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. mengawali awal pekan Juli 2024 dengan berbagai kegiatan diantaranya menerima audiensi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) dan audiensi dengan Panitia Pertemuan Raya dan Pesparawi Perempuan GKPI, bertempat di Kantor Gubernur Kaltara, Senin (1/7).

General Manager PT. PLN (Persero) UID Kaltimra, Agung Murdifi yang baru ditugaskan pada Februari lalu berkesempatan silaturahmi dengan Gubernur untuk menyampaikan perkembangan pembangunan jaringan listrik khususnya di Provinsi Kaltara.

Selain pembangunan jaringan listrik, PLN akan terus berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kaltara khususnya daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Pemerintah Provinsi Kaltara juga berkomitmen untuk selalu bergandengan tangan bersama PLN dan stakeholder lainnya agar masyarakat Kaltara dapat merasakan listrik mengalir ke rumah-rumah sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Selain pertemuan dengan PLN, Gubernur juga menerima audiensi Panitia Pertemuan Raya dan Pesparawi Perempuan GKPI yang akan menggelar kegiatannya pada 10 Juli 2024.

Gubernur selalu menyempatkan waktu apabila ada tamu atau masyarakat yang akan datang untuk audiensi atau bersilaturahmi.

“Saya tidak pernah menolak tamu, dan semoga nanti saya bisa hadir dalam kegiatan ini,” tuntasnya.(dkisp)

PEMPROV KALTARA

Permukiman Transmigrasi Tanjung Buka Tersambung Aliran Listrik

Published

on

PERESMIAN : Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Burhanuddin, S.Sos, M.Si Bersama GM PT PLN (Persero) UI Kaltimtara, Agung Muridfi meresmikan penyalaan listrik di Permukiman Transmigrasi SP 8 dan 9, Tanjung Buka, Selasa (2/7).

BULUNGAN-Masyarakat di pemukiman transmigrasi Desa Tanjung Buka-Kecamatan Tanjung Palas Tengah tepatnya di satuan pemukiman (SP) 8 dan SP 9 sudah dapat menikmati aliran listrik di daerahnya.

Hal ini ditandai dengan peresmian penyalaan listrik yang dilakukan langsung oleh yang mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Plh. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Burhanuddin, S.Sos, M.Si bersama General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kaltimtara, Agung Muridfi beserta jajarannya di SD Negeri 032, Selasa (2/7).

Dalam sambutannya, Burhanuddin mengatakan, peresmian ini merupakan wujud dari kehadiran pemerintah melalui penyediaan infrastruktur.

“Dengan tersbungnya jaringan listrik ini, kita berharap dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, serta pelayanan publik di SP 8 dan 9 ini,” harapnya.

Ia juga mengapresiasi berbagai pihak yang telah berkontribusi merealisasikan utilitas ini.

“Saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah merealisasikan program ini. Terutama kepada PLN yang telah bekerja keras membangun jaringan listrik di wilayah ini,” katanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan bijak memanfaatkan listrik. “Saya hendak berpesan kepada masyarakat semua untuk selalu bijak dalam menggunakan listrik. Tetap hati-hati dan bijaksana,” pesannya.

Untuk diketahui, di daerah ini sudah ada sebanyak 230 calon pelanggan yang akan menggunakan jaringan listrik ini. Terdapat 7 unit gardu dengan kapasitas 50 kvh dan telah terealisasi 9,63 km Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 19,03 Jaringan Tegangan Rendah (JTR).

Agung Muridfi, dalam sambutannya menyampaikan masih ada 10 desa yang merupakan program tahun 2023 lalu menjadi target aliran listrik.

“Mudah-mudahan pada tahun ini, akhir tahun ini semua bisa kita selesaikan di tahun 2024,” katanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga aset-aset yang telah dibangun.

“Terutama jika jaringan kita sudah di dekat pohon, ini menjadi penyebab utama gangguan listrik. Jangan ditebang sendiri, karena akan berakibat fatal. Informasikan saja ke PLN apabila ditemukan hal demikian,”tuntasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltara, Dinas ESDM Kaltara, unsur pemerintahan di tingkat kabupaten dan kecamatan Tanjung Palas Tengah.(dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

Pemprov Kaltara Persiapkan PPAP Tingkat Nasional Tahun 2024

Published

on

Ir. Yosua Batara Payangan, S.T., M.Si., PLT Kadispora Kaltara.

TANJUNG SELOR – Provinsi Kalimantan Utara terkhususnya Kabupaten Bulungan dipastikan sedang mempersiapkan diri dan menjadi Tuan Rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tingkat Nasional Tahun 2024.

“Pelaksananaan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi kita sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan Pak Gubernur dan Pak Sekprov,” kata Ir. Yosua Batara Payangan, S.T., M.Si., selaku Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Selasa (2/7).

Pelaksanaan PPAP tingkat Nasional digelar di 2 tempat yaitu Provinsi Kaltara dan Provinsi Bengkulu. PPAP nantinya diikuti oleh semua provinsi yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 38 Provinsi dan pelaksanaannya selama 1 bulan.

Yosua mengatakan upaya persiapan kegiatan PPAP yang dilaksanakan tanggal 4 Juli 2024, Pemerintah Provinsi Kaltara secara teknis sudah melakukan rapat persiapan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Hubungan Antar Lembaga Setda Kaltara, Ir. Wahyuni Nuzband, M.A.P.

Pada rapat tersebut untuk mengetahui secara pasti gambaran pelaksanaan PPAP yang dimulai dari pembukaan hingga pelaksanaan pembukaan dan ini sesuai dengan harapan Gubernur Kaltara.

Selain itu, Yosua sudah melaporkan rakor tersebut dan berkoordinasi langsung ke Pj. Walikota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., dan Gubernur Kaltara beserta dari Pemerintah Kabupaten Bulungan.

Menurutnya hal harus ini dilakukan, karena kegiatan ini melibatkan dari Kemenpora, Pemprov Kaltara dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta ini juga telah menjadi perhatian khusus dari Gubernur Kaltara.

“Beliau (Gubernur Kaltara) sangat perhatian dalam kegiatan Ini, merupakan salah satu program bagi pemuda khususnya pemuda di Kaltara untuk mengembangkan diri sehingga anak muda Kaltara bisa punya prestasi,” terangnya.

Yosua menyebut telah mempersiapkan secara matang menyambut kedatangan para peserta PPAP di provinsi Kaltara pada tanggal 4 Juli 2024 di kota Tarakan. Dan sebelum diberangkatkan ke Kabupaten Bulungan para peserta PPAP akan melakukan ramah tamah kepada Gubernur Kaltara DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum.

Kemudian pada tanggal 5 Juli akan dibuka secara resmi pelaksanaan PPAP tingkat Nasional, lalu pada tanggal 7 Juli 2024 seluruh peserta PPAP diberangkatkan ke Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dilanjutkan ke Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara dengan disambut acara Meja Panjang.

“Penempatan peserta PPAP di Desa Pimping akan dilaksanakan selama sebulan penuh sedangkan untuk 2 pemuda Kaltara yang kemarin terpilih akan diberangkatkan ke Bengkulu,” ujar Yosua.

“Saya mengharapkan mereka disana bisa mengikuti kegiatan hingga selesai dengan baik, mendapat banyak pengetahuan dan bisa melanjutkan projek yang mereka bangun disini,” tuntasnya.(dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

Gubernur Serap Aspirasi Petani Desa Seludau

Published

on

DISKUSI : Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum berdiskusi dengan kelompok tani milenial di Balai Adat Desa Seludau, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung beberapa waktu lalu.

TANA TIDUNG – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), DR. (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., berkesempatan bersilaturahmi sekaligus berdiskusi bersama kelompok tani milenial di Balai Adat Desa Seludau, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, belum lama ini.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zainal berdiskusi terkait permasalahan pertanian yang dirasakan saat ini. Dalam diskusi bersama petani, Gubernur mendengarkan kendala terkait ketersediaan pupuk subsidi, bibit hingga permasalahan lahan pertanian.

“Saya menerima informasi bahwa setelah haul mohon berkenan untuk bapak gubernur bisa singgah ke Desa Seludau untuk beramah-tamah dengan masyarakat petani,” imbuhnya.

Terkait kuota pupuk subsidi di Kaltara saat ini, Gubernur Zainal menyampaikan bahwa Kaltara saat ini mendapatkan kuota tambahan hanya saja keterlambatan terhadap distribusi ke petani menjadi terhambat karena lokasi distributornya tidak berada di Kaltara tetapi di Kota Balikpapan.

“Tapi saya sudah ketemu dengan PT Pupuk Indonesia yang ada di Kaltara saya sampaikan supaya penyaluran pupuk ini betul-betul terdistribusi dengan baik sampai kepada petani yang memiliki hak daripada pupuk subsidi ini,” ujarnya.

Sekitar 85 persen mata pencaharian masyarakat Desa Seludau merupakan sebagai petani, hanya saja para petani kesulitan untuk menggarap lahan dikarenakan sebagian besar merupakan kawasan konsesi milik PT Adindo Hutani Lestari.

“Saran saya kelompok tani di Desa Seludau membuat surat, lalu atas dasar itu saya kembali mengajukan kembali ke ibu Menteri LHK untuk pembebasan lahan untuk bisa dikelola masyarakat,” jelasnya.

Diakhir diskusi, Gubernur memberi wejangan motivasi agar masyarakat petani dapat terus berinovasi serta mencari segal bentuk peluang agar semakin berkembang dan dapat mewujudkan Kaltara memiliki food estate berbasis korporasi. (dkisp).

Continue Reading

Trending