Connect with us

Berita PEMPROV KALTARA

Permukiman Transmigrasi Tanjung Buka Tersambung Aliran Listrik

Published

on

PERESMIAN : Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Burhanuddin, S.Sos, M.Si Bersama GM PT PLN (Persero) UI Kaltimtara, Agung Muridfi meresmikan penyalaan listrik di Permukiman Transmigrasi SP 8 dan 9, Tanjung Buka, Selasa (2/7).

BULUNGAN-Masyarakat di pemukiman transmigrasi Desa Tanjung Buka-Kecamatan Tanjung Palas Tengah tepatnya di satuan pemukiman (SP) 8 dan SP 9 sudah dapat menikmati aliran listrik di daerahnya.

Hal ini ditandai dengan peresmian penyalaan listrik yang dilakukan langsung oleh yang mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Plh. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Burhanuddin, S.Sos, M.Si bersama General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kaltimtara, Agung Muridfi beserta jajarannya di SD Negeri 032, Selasa (2/7).

Dalam sambutannya, Burhanuddin mengatakan, peresmian ini merupakan wujud dari kehadiran pemerintah melalui penyediaan infrastruktur.

“Dengan tersbungnya jaringan listrik ini, kita berharap dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, serta pelayanan publik di SP 8 dan 9 ini,” harapnya.

Ia juga mengapresiasi berbagai pihak yang telah berkontribusi merealisasikan utilitas ini.

“Saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah merealisasikan program ini. Terutama kepada PLN yang telah bekerja keras membangun jaringan listrik di wilayah ini,” katanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan bijak memanfaatkan listrik. “Saya hendak berpesan kepada masyarakat semua untuk selalu bijak dalam menggunakan listrik. Tetap hati-hati dan bijaksana,” pesannya.

Untuk diketahui, di daerah ini sudah ada sebanyak 230 calon pelanggan yang akan menggunakan jaringan listrik ini. Terdapat 7 unit gardu dengan kapasitas 50 kvh dan telah terealisasi 9,63 km Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 19,03 Jaringan Tegangan Rendah (JTR).

Agung Muridfi, dalam sambutannya menyampaikan masih ada 10 desa yang merupakan program tahun 2023 lalu menjadi target aliran listrik.

“Mudah-mudahan pada tahun ini, akhir tahun ini semua bisa kita selesaikan di tahun 2024,” katanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga aset-aset yang telah dibangun.

“Terutama jika jaringan kita sudah di dekat pohon, ini menjadi penyebab utama gangguan listrik. Jangan ditebang sendiri, karena akan berakibat fatal. Informasikan saja ke PLN apabila ditemukan hal demikian,”tuntasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltara, Dinas ESDM Kaltara, unsur pemerintahan di tingkat kabupaten dan kecamatan Tanjung Palas Tengah.(dkisp)

PEMPROV KALTARA

Dinilai Transformatif Dalam Menangani Pendidikan, Kaltara Kembali Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek RI

Published

on

PENGHARGAAN : Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategiru Transformasi Pengelolaan Pendidikan Kelompok Pemda Transformatif yang digelar Kemendikbudristek RI, Jumat (5/7).

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. menerima penghargaan anugerah merdeka belajar kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan Kelompok Pemda Transformatif (Provinsi) yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudistek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (5/7).

Anugerah tersebut merupakan kali kedua yang diterima oleh Provinsi Kaltara setelah sebelumnya pada tahun 2023 juga mendapat penghargaan penghargaan dalam subkategori di bidang transformasi pendidikan vokasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo yang juga disaksikan oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem menyampaikan selamat atas penghargaan kepala daerah yang telah berusaha dengan berbagai upaya membela hak belajar di daerah dan meneruskan spirit merdeka belajar.

“Anugerah ini merupakan apresiasi Kami kepada pemda yang mengupayakan perwujudan sekolah yang kita cita-citakan melalui transformasi sistem pendidikan, sekolah yang sistem pembelajarannya berpusat pada murid, bukan berpusat pada birokrasi atau administrasi,” ucap Menteri Nadiem Makarim.

Keberhasilan transformasi sistem pendidikan tersebut bukan merupakan atas usaha Kementerian melainkan atas usaha bersama baik dari Pemda, Kepala Sekolah, Guru Penggerak hingga orang tua murid yang aktif membela merdeka belajar.

“Kini saya sampaikan bahwa gerakan merdeka belajar merupakan milik Bapak Ibu semua. Besar harapan saya agar anugerah merdeka belajar ini menjadi pengingat bahwa transformasi pendidikan kita baru saja dimulai, demi terwujudnya para pelajar pancasila yang cerdas berkarakter,” tutup Nadiem.

Gubernur Kaltara Zainal Paliwang turut bangga dan mengapresiasi seluruh elemen pendidikan yang berupaya melaksanakan program merdeka belajar di Kaltara hingga mendapatkan penghargaan tersebut.

“Semoga kedepan pendidikan di Kaltara semakin baik untuk menciptakan pelajar yang berkarakter sesuai cita-cita program merdeka belajar,” terang Gubernur.

Hadir mendampingi Gubernur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Teguh Henri Sutanto, M.Pd., dan Plt. Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan Kaltara, Nurdin, S.Pd., M.Pd.(dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

Jadi Tuan Rumah Pertukaran Pemuda

Published

on

Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum mengapresiasi atas ditunjuknya Provinsi Kalimantan Utara menjadi tuan rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi.

Gubernur : Momentum memperkenalkan budaya Kaltara.

TARAKAN – Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum mengapresiasi atas ditunjuknya Provinsi Kalimantan Utara menjadi tuan rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tahun 2024.

Menurutnya, ini menjadi momentum untuk mengenalkan budaya lokal yang ada di provinsi ke 34 ini kepada para perwakilan pemuda dari provinsi lainnya.
“Untuk itu, mari kita jadikan agenda hari ini sebagai upaya memperat silaturahmi dan persaudaraan agar saling mengenal keberagaman pemuda dari daerah lainnya,”kata Gubernur pada jamuan makan malam bersama peserta PPAP, Restoran Hotel Royal Tarakan, Kamis (4/7).

Gubernur juga berpesan agar seluruh peserta dapat saling menjaga nilai-nilai toleransi yang telah dibangun selama ini. “Tetap saling menghargai, karena tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing,”terangnya.

Pelaksanaan PPAP tingkat Nasional digelar di 2 tempat yaitu Provinsi Kaltara dan Provinsi Bengkulu. PPAP nantinya diikuti oleh semua provinsi yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 38 Provinsi dan pelaksanaannya selama 1 bulan.

Berdasarkan laporan Dispora Kaltara, upaya persiapan kegiatan PPAP yang dilaksanakan tanggal 4 Juli 2024, Pemerintah Provinsi Kaltara secara teknis telah melakukan rapat persiapan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Gubernur mengungkapkan agenda tersebut menjadi perhatian khusus untuk pengembangan SDM yang ada di Kaltara.

“Pasti saya menaruh perhatian khusus dalam kegiatan ini. Di mana merupakan salah satu program bagi pemuda khususnya pemuda di Kaltara untuk mengembangkan diri sehingga anak muda Kaltara bisa punya prestasi,” terangnya.

Untuk diketahui, penyambutan kedatangan para peserta PPAP di provinsi Kaltara pada tanggal 4 Juli 2024 di kota Tarakan.

Kemudian pada tanggal 5 Juli akan dibuka secara resmi pelaksanaan PPAP tingkat Nasional, lalu pada tanggal 7 Juli 2024 seluruh peserta PPAP diberangkatkan ke Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dilanjutkan ke Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara dengan disambut acara Meja Panjang.

“Saya mengharapkan mereka disana bisa mengikuti kegiatan hingga selesai dengan baik, mendapat banyak pengetahuan dan bisa melanjutkan projek yang mereka bangun disini,” tuntasnya.(dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

Pemuda Didorong jadi Pelopor Inovasi

Published

on

PERTUKARAN PEMUDA : Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum menerima cenderamata dari perwakilan pemuda pada agenda PPAP tahun 2024 di Swiss-Belhotel Tarakan, Jumat (6/7).

TARAKAN – Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum mengungkapkan pengembangan pemuda menjadi prioritas untuk memastikan keberlanjutan pembangunan dan stabilitas nasional. Hal ini disampaikannya pada agenda Program Pertukaran Pemuda Antar Pemuda (PPAP) di Swiss-Belhotel Tarakan, Jumat (5/7).

Menurutnya, pemuda memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dan pembangunan. Di mana mereka juga dikenal dengan ide-ide segar dan kreativitas tinggi sehingga seringkali menjadi pelopor inovasi. “Jadilah pelopor inovasi, baik itu di teknologi, bisnis, seni maupun budaya,”kata Gubernur.

Sejalan dengan tema PPAP tahun 2024 “Pemuda Maju Raih Indonesia Emas 2045”, diharapkan dapat mendorong sinergitas segala swktor untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda di Provinsi Penempatan. “Sehingga dapat menghasilkan banyak enterpreneur muda juga mendorong penyelesaian masalah kepemudaan di domain yang ada dalam Rencana Aksi Daerah (RAD),”terangnya.

Gubernur juga mengapresiasi atas ditunjuknya Provinsi Kalimantan Utara menjadi tuan rumah PPAP tahun 2024.

Ini menjadi momentum untuk mengenalkan budaya lokal yang ada di provinsi ke 34 ini kepada para perwakilan pemuda dari provinsi lainnya.
“Untuk itu, mari kita jadikan agenda hari ini sebagai upaya memperat silaturahmi dan persaudaraan agar saling mengenal keberagaman pemuda dari daerah lainnya,”katanya.

Gubernur juga berpesan agar seluruh peserta dapat saling menjaga nilai-nilai toleransi yang telah dibangun selama ini. “Tetap saling menghargai, karena tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing,”terangnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan PPAP tingkat Nasional digelar di 2 tempat yaitu Provinsi Kaltara dan Provinsi Bengkulu. PPAP nantinya diikuti oleh semua provinsi yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 38 Provinsi dan pelaksanaannya selama 1 bulan.

Gubernur mengungkapkan agenda tersebut menjadi perhatian khusus untuk pengembangan SDM yang ada di Kaltara.

“Pasti saya menaruh perhatian khusus dalam kegiatan ini. Di mana merupakan salah satu program bagi pemuda khususnya pemuda di Kaltara untuk mengembangkan diri sehingga anak muda Kaltara bisa punya prestasi,” terangnya.

Untuk diketahui, penyambutan kedatangan para peserta PPAP di provinsi Kaltara pada tanggal 4 Juli 2024 di kota Tarakan.

Kemudian pada tanggal 5 Juli akan dibuka secara resmi pelaksanaan PPAP tingkat Nasional, lalu pada tanggal 7 Juli 2024 seluruh peserta PPAP diberangkatkan ke Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dilanjutkan ke Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara dengan disambut acara Meja Panjang.

“Saya mengharapkan mereka disana bisa mengikuti kegiatan hingga selesai dengan baik, mendapat banyak pengetahuan dan bisa melanjutkan project yang mereka bangun disini,” tuntasnya.(dkisp)

Continue Reading

Trending