Connect with us

Berita Kaltara

Dinas Lingkungan Hidup Kaltara Tinjau Limbah PT KPUC

Published

on

Obed Daniel Lumban Tobing PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Menyikapi jebolnya tanggul penahan air limpasan limbah tambang batu bara, milik PT KPUC di Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah menurunkan tim untuk meninjau langsung kelapangan terkait dampak yang ditimbulkan.

Hal itu disampaikan oleh PLT Kepala Dinas Lingkjngan Hidup Provinsi Kalimantan Utara, Obed Daniel Lumban Tobing, kepada media ini diruang kerjanya, Rabu 10/2/2021.

Menurutnya, sejak dua hari lalu kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malinau juga sudah melaporkan kejadian tersebut, mereka juga sudah melakukan penanganan dan sesuai dengan kewenangan nya.

Melaksanakan peninjauan lapangan, serta memberikan arahan terhadap langkah yang wajib diambil oleh PT KPUC guna menangani kebocoran penampungan limbah dimaksud.

“Tentunya setelah memperbaiki tanggul ada langkah-langkah lain yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan menyangkut pencemaran sungai sebagai sumber air baku masyarakat, ” ujar Obed Daniel.

Tentu arahan lain nya yakni soal ganti rugi kepada masyarakat sesuai mekanisme dan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai pijakan atau Permen Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2014,

Selanjutnya pada tahap kedua akan dilakukan perhitungan oleh tim ahli apa saja dan berapa besaran kerugian yang wajib dibayarkan.

Sesuai aturan itu, maka nantnya pejabat setingkat eselon dua akan menunjuk siapa yang akan menghitung.

“Biasanya kita akan menggandeng ibu Dr Emy dari Universitas Mulawarman yang memang sudah biasa menghitung tentang kerugian lingkungan, ” imbuh Obed.

Diketahui, lanjut Obed Daniel, saat ini intak PDAM Malinau juga sudah menghentikan produksi air bersih nya. Jadi untuk sementara warga hanya mengandalkan air hujan saja untuk berbagai keperluan, termasuk untuk memasak makanan sehari-hari.

Kendati demikian pihak perusahaan juga pasti sudah memikirkan langkah apa yang akan diambil untuk meringankan penderitaan warga akibat dampak pencemaran limbah yang ditimbulkan.

Selain sudah menurunkan tim internal, Dinas LH Provinsi juga menyertakan tenaga ahli dari laboratorium lingkungan, serta pihak balai Gakum yang membawahi Kaltim Kaltara.

Untuk menentukan tingkat pencemaran, Obed Daniel mengaku masih menunggu hasil peninjauan tim lapangan. Namun dipastikan sudah melampaui air sungai Malinau sudah diambang baku mutu untuk layak konsumsi. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bulungan

703 Orang di Kecamatan Tanjung Selor Bulungan Terpapar Covid – 19

Published

on

Infografis.

TANJUNG SELOR – Setelah sehari sebelum nya terjadi penurunan dengan banyaknya pasien positif Covid – 19 yang sembuh, hari ini, Selasa, 27 Juli 2021 untuk kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Kembali bertambah menjadi 703 orang, menduduki peringkat pertama

Sesuai data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19, diurutan kedua masih untuk Kecamatan Tanjung Palas Utara, sebanyak 145 orang, disusul oleh Kecamatan Tanjung Palas sebanyak 95 0rang.

Sedangkan kecamatan Tanjung Palas Timur, jumlah konfirmasi positif sebanyak 59 orang, dan kecamatan Bunyu 85 orang, kecamatan Peso 34 orang.

Sementara untuk kecamatan Peso Hilir berjumlah 6 orang, kecamatan Tanjung Palas Barat, berjumlah 343 orang, kecamatan Sekatak 12 orang, luar daerah 16 orang.

Untuk kecamatan Tanjung Palas Tengah, berjumlah 4 orang.

Orang yang terkonfirmasi secara keseluruhan bertambah 115 kasus, kasus aktif 39 kasus, sembuh bertambah 74 orang dan meninggal dunia bertambah 2 orang.

Jumlah sejak awal paparan pandemic Covid – 19 keseluruhan konfirmasi berjumlah 5.864 orang, kasus aktif 1.193 orang, sembuh 4.601 dan meninggal dunia sebanyak 75 orang. *

Sumber : P2P Bulungan.

Editor    : Sahri.

 

Continue Reading

Bulungan

Sektor Kesehatan Prioritas Bupati Syarwani

Published

on

Sidak Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si ke RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor.

TANJUNG SELOR – Nyaris tanpa lelah, itu lah sosok Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, mengelola pembangunan dan penyiapan infrastruktur pendukung didaerahnya.

Terutama disaat Kabupaten Bulungan, melawan Covid – 19, nyaris hampir setiap hari ia melakukan inspeksi mendadak (sidak), baik diperkantoran yang sifatnya pelayanan maupun kesentra pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Hari ini saja, Senin 26/7/2021, Syarwani, melakukan sidak ke RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, ditemukan alat untuk pemeriksaan swab berupa cartridge TCM yang masih terbatas jumlahnya, butuh pengajuan segera.

“RSUD kita masih butuh tambahan alat cuci darah, sehingga kerap terjadi antrian, serta ruangan nya butuh pelebaran ” kata Syarwani.

Menurutnya, peningkatan sektor kesehatan menjadi sangat prioritas, karena merupakan salah satu kebutuhan dasar.

“Saya minta kepada manajemen RSUD untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada warga, ” ujarnya.

Sidak ke PKM Tanjung Palas.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, akan dipersiapkan untuk tempat pasien Covid – 19, apa bila terjadi lonjakan orang yang harus menjalani perawatan secara intensif.

Perihal itu, dipastikan saat Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, melakukan kunjungan mendadak, ke Puskesmas tersebut, Selasa, 11/7/2021 lalu.

“Saya lihat Puskesmas Tanjung Palas sudah memadai, tinggal mengatur jumlah perawat yang bertugas menangani pasien kalau terjadi lonjakan, ” kata Syarwani.

Karena nya ia meminta kepada Kepala Puskesmas untuk mengambil langkah-langkah guna mempersiapkan tambahan tempat. Mengingat saat ini wabah virus Corona belum bisa diprediksi.

Oleh sebab itu, setiap saat harus siap menerima pasien yang terkonfirmasi positif serta butuh perawatan khusus.

“Kenapa kita harus mempersiapkan ruangan tambahan kalau terjadi lonjakan, karena Bulungan tak mau seperti kejadian yang terjadi didaerah lainnya, ” ujarnya.

Intinya mempersiapkan Puskesmas Tanjung Palas sebagai langkah antisipasi, kalau tempat perawatan yang ada saat ini sudah tak mampu lagi menampung pasien Covid – 19. *

Sumber : Diskominfo.
Editor    : Sahri.

Continue Reading

Bulungan

Gubernur Kaltara Beri Bantuan Kepada Tokoh Bulungan

Published

on

Gubernur Kaltara Dre H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

 

TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, menyerahkan bantuan kepada tokoh masyarakat Kabupaten Bulungan, Kamis, 22/7/2021, diruang serba guna kantor Bupati di jalan Jelara Selor Raya Tanjung Selor.

Pada penyerahan tersebut juga disaksikan oleh Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si.

Usai acara penyerahan bantuan, Bupati Syarwani menjelaskan, bahwa dari 430 orang tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kaltara, yang menerima bantuan sosial dari Pemprov, untuk Bulungan menerima bantuan sebanyak 128 orang. Terdiri dari tokoh adat tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Para Tokoh masyarakat Kabupaten Bulungan.

” Alhamdulillah, Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para penerima dan dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya,” ucap Bupati Syarwani.

Karenanya, Syarwani juga mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan  dan kepedulian yang tinggi kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat tersebut.

” Pemkab Bulungan sangat mendukung program bantuan dari Pemprov Kaltara, yang digagas oleh bapak Gubernur Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, sehingga masyarakat Kaltara khususnya di Bulungan dapat merasakan program-program Pemprov yang dicanangkan oleh beliau, ” ujarnya.

Dibagian lain, Bupati Syarwani juga mengingatkan kepada warga masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk terus berpikir positif, minum vitamin, dan istirahat yang cukup. Sehingga kesehatan dapat pulih secara perlahan dan tetap selalu mentaati protokol kesehatan.

” Alhamdulillah, meskipun ditengah pandemi silaturahmi tetap terjalin karena kita yakin melalui itu dapat mendekatkan kita pada kebaikan, dan menjauhkan dari segala beban, ,” ungkapnya. *

Sumber : Diskominfo

Editor    : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi