Connect with us

Berita Politik

Empat Orang Caleg di Nunukan Bakal PAW

Published

on

Rahman Ketua KPU Kabupaten Nunukan

NUNUKAN – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, akan ada Penggantian Antar Waktu (PAW) di DPRD Kabupaten Nunukan dan DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

Kendati demikian, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Nunukan, Rahman, menjelaskan, untuk PAW anggota DPRD tersebut tentunya harus melalui mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan yang pemilu.

“KPU tak memiliki kewenangan untuk menentukan nama Caleg yang diajukan ke DPRD untuk PAW, melain kan oleh Partai Politik itu sendiri, ” tegas Rahman.

Artinya Parpol bersangkutan yang mengajukan nama-nama pengganti ke DPRD, baik ke DPRD Kabupaten maupun ke DPRD Provinsi secara tertulis.

Selanjutnya DPRD yang akan menyerahkan nama-nama tersebut ke KPU untuk dicocok kan dengan hasil perolehan suara di Pileg lalu.

“Posisi KPU terkait PAW hanya mencocok kan nama caleg berdasarkan peraih suara terbanyak berikutnya. Tidak bisa juga Parpol langsung menentukan nama kadernya yang mengganti tanpa disesuaikan dengan hasil rekapitulasi pileg 2019, ” ujarnya.

Tentu juga caleg yang akan menggantikan berasal dari daerah pemilihan yang sama, acuan nya juga berdasarkan perundang-undangan Pileg 2019.

Ia menambahkan Partai politik yang tidak mengajukan nama berdasarkan hasil pemilu 2019, maka tentunya ada surat tertulis lainnya yang bisa diterima sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun Keempat nama caleg yang berpeluang mengisi kursi PAW tersebut merupakan suara terbanyak berikutnya pasca dua anggota legislatif ini mencalonkan diri pada pilkada Nunukan 2020, satu orang maju pada pilgub Kaltara dan satu orang meninggal dunia.

Dua posisi anggota DPRD Kaltara dari daerah pemilihan Kaltara 4 (Kabupaten Nunukan) adalah H.Andi Kasim dari Partai Gerindra karena meninggal dunia pada Senin, 3 Agsutus 2020 dan Muhammad Nasir dari PKS.

Sesuai dari hasil rekapitulasi perolehan suara pileg 2019, caleg nomor urut 7 dengan nama Khusnul Yakin, S.Pd.I yang meraih suara terbanyak ketiga setelah Haji Andi Kasim dan Andi Hamzah. Pada pemilu legislatitf 2019, Khusnul Yakin memperoleh 488 suara.

Sedangkan posisi Muhammad Nasir akan digantikan oleh caleg nomor urut 2 atas nama Muh Khoiruddin, dengan perolehan suara terbanyak kedua yaitu 472 suara.

Muhammad Nasir selaku Ketua DPW PKS Kaltara, bakal maju sebagai calon Wakil Bupati Nunukan sehingga otomatis digantikan posisinya oleh kadernya dengan perolehan suara terbanyak berikutnya.

Sedangkan dua anggota DPRD Nunukan juga bakal di PAW karena masing-masing maju pada pilkada serentak 2020. Keduanya berasal dari Partai Demokrat yaitu H Irwan Sabri akan hampir pasti mencalonkan diri sebagai bakal calon Wakil Gubernur Kaltara dan H Danni Iskandar peraih suara terbanyak kedua akan maju sebagai calon Bupati Nunukan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif 2019, nama yang berpeluang menggantikan posisi keduanya adalah Robinson Totong nomor urut 4 dengan perolehan 349 suara (terbanyak keempat) dan Darmawansyah nomor urut 10 suara terbanyak kelima dengan 99 suara. *

Reporter : MDF.
Editor      : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Prabowo Subianto Kembali Jadi Ketum Gerindra

Published

on

H Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra di Acara KLB di Hambalang Bogor Provinsi Jawa Barat.

JAKARTA – Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 8 Agustus 2020 lalu, di Kompleks Padepokan Garuda Yaksa Hambalang Bogor, Letnan Jenderal H Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra kembali terpilih menakhodai Partai besutan nya ini untuk lima tahun kedepan.

“Kita dari jajaran DPD Gerindra Provinsi Kaliman Utara pantas menyampaikan ucapan selamat kepada pak PS kebiasaan nama Prabowo disingkat, ” ujar Sekretaris DPD Gerindra Kaltara, Kosmas Kajan SS, kepada media ini beberapa waktu lalu.

KLB Partai Gerindra di Hambalang Bogor Provinsi Jawa Barat.

Harapan bahwa Gerindra selalu dapat berkontribusi lebih untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Artinya setiap perjuangan kader bukan semata hanya menjadi politisi melainkan wajib menjadi pejuang rakyat.

“Tetap dipimpin oleh pak PS, Gerindra sebagai Parpol semakin kuat untuk mewarnai demokrasi bangsa ini, dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sesuai cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, ” imbuh Kosmas Kajan.

“Bila ingin bangsa ini tersenyum, dahulukan rakyat kecil tersenyum”, itulah ungkapan PS yang selalu disampaikan kepada para kader Gerindra disetiap kesempatan.

Selain memperkuat soliditas partai, seluruh kader juga akan bahu membahu memperkuat NKRI, dibawah kepemimpinan Ir H Jokowidodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

Sebagai bangsa kita juga harus hidup rukun dan damai, agar negara kita kuat, maju adil makmur dan sejahtera untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kami yakin dengan bergabung nya pak PS ke Pemerintah juga merupakan kontribusi besar Gerindra kepada bangsa ini.

Eddy Prabowo (kiri) Kosmas Kajan SS (kanan).

Cita-cita untuk memperkuat sektor pangan sudah mulai menampak kan kepercayaan dari pemerintah. Dimana PS selalu Menteri Pertahanan Kembali diberi kepercayaan untuk menangani sektor ketahanan pangan nasional.

“Kemudian ada satu kader Gerindra mendapat kepercayaan menjadi Menteri Kelautan Dan Perikanan yakni bapak Eddy Prabowo, juga menjadi harapan kami bahwa sektor ini mampu memperkuat bangsa dan rakyat Indonesia, ” tutup Kosmas Kajan. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Politik

Ibrahim Ali Ketua DPW PAN Kaltara Terpilih

Published

on

Ibrahim Ali Ketua DPW PAN Terpilih Kaltara Sedang Diwawancarai Wartawan.

NUNUKAN – Terpilih secara aklamasi, Ibrahim Ali, Jabat Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Kalimantan Utara, masa bakti 2021 – 2025.

Rapat pemilihan tersebut dilangsungkan di Hotel Swiss Bell Kota Tarakan, 7 – 8 Agustus 2020 lalu, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepada Wartawan, Bram sapaan akrab Ibrahim Ali mengatakan, pertama ia mengucap rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan, serta secepatnya melaksanakan konsolidasi partai secara internal.

“Puji syukur saya bisa terpilih secara aklamasi, sebagai ketua DPW PAN Kaltara, ” ujarnya.

Ia menambahkan PAN adalah partai untuk semua umat.

“Saya juga akan melakukan revitalisasi organisasi, ” imbuh Ibrahim Ali.

Fokus pertama lanjutnya, PAN akan all out untuk memenangkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berlaga di 4 Kabupaten dan Pilgub Kaltata.

Karena nya ia menargetkan semua pasangan calon yang diusung maupun didukung oleh PAN keluar sebagai pemenang Pilkada tersebut. *

Reporter : MDF.
Editor.     : Sahri.

Continue Reading

Politik

Semua Calon Dipilbup Bulungan Berpeluang Untuk Menang

Published

on

Sutedjo Warga Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Pilkada serentak masih beberapa bulan lagi dilaksanakan, namun banyak masyarakat sudah melakukan analisa partai mana saja yang kelak sukses mengantarkan calon nya unutuk menduduki kursi panas kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Misalnya Sutedjo, salaj satu warga Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, kepada media ini memprediksi untuk Pemilihan Bupati Bulungan sepertinya ada empat partai besar yang sama-sama memiliki peluang untuk memenangkan calon yang akan diusung nya.

Masing-masing Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerindra. Mengingat keempat partai tersebut memiliki basis pemilih yang cukup komit mendukung di Pileg 2019 lalu.

Kendati demikian kata Sutedjo, kemenangan di Pileg bukan satu-satunya tolok ukur. Mengingat nuansa Pileg dan Pilkada tentu jauh berbeda, bila ditinjau dari ukuran emosional dan antusiasme pemilih.

“Sosok calon yang mengenal dan dikenal didaerah juga menjadi suatu jaminan untuk menuai dukungan yang signifikan, ” imbuh Sutedjo.

Artinya, peluang semua calon itu sama, tinggal bagaimana nanti tim masing-masing calon apakah mampu meyakinkan figur nya kepada masyarakat pemilih. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi