Connect with us

Berita Kaltara

Kaltara Optimis Raih 6 Medali Emas di PON XX Papua

Published

on

H Nasir SE Ketua KONI Provinsi Kalimantan Utara.

H Nasir : Saya mohon doa restu dari seluruh lapisan masyarakat.

TANJUNG SELOR – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang rencananya akan digelar pada tanggal 2 hingga 15 Oktober mendatang,  untuk itu tim Cabor Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) beberapa hari kedepan akan bertolak kesana.

“Mohon doa restu dari seluruh lapisan masyarakat, untuk seluruh atlit kita yang siap berlaga di PON XX di Papua, semoga target medali emas bisa tercapai, “ kata ketua KONI Kaltara H Nasir SE, diruang kerjanya, Rabu 14/9/2021.

Menurutnya, pihaknya akan memberangkatkan atlit di 12 cabang olahraga (Cabor), atau 31 orang jumlah tersebut belum terhitung official dan manager masing-masing cabang olahraga.

“Jadi total keseluruhan yang akan bertolak menuju Papua tersebut sebanyak 140 orang, “ ujarnya.

Untuk pola pelaksanaan PON XX lanjut H Nasir, agak berbeda dengan pelaksanaan sebelum nya, lantaran masih dalam suasana Pandemi Covid – 19. Hampir semua terkoneksi melalui online, termasuk untuk memesan makanan harus melalui WhatsAPP, dan nanti ada link atau aplikasinya diberikan kepada setiap tim dari setiap provinsi.

Khusus atlit yang akan berlaga, penjaringanya dilakukan sejak tahun 2019 lalu,  yakni melalui Pra PON inilah terjaringnya 12 Cabang Olahraga (Cabor) diikuti oleh atlit Kaltara yang lolos untuk mengikuti PON XX di Papua.

“Seharusnya pelaksanaan PON digelar pada tahun 2020 lalu, karena masih terus mewabahnya Pandemi Covid – 19 sehingga diundur pada tahun 2021. “ ini kata H Nasir.

Pada awal 2019 KONI Kaltara juga sudah melaksanakan TC mandiri atau pun try out kepada setiap atlit, karena masih tingginya paparan Covid, terpaksa melakukan latihan mandiri.

“Alhamdulillah bulan Maret atau April 2021 ada anggaran yang cair sebanyak Rp 4 Miliar, maka beberapa Cabor bisa diberangkatkan melakukan latihan atau try out diluar Provinsi Kalimantan Utara. Seperti atlit cabang sepak takraw sudah hamper sebulan melakukan latihan di Makasar, Tinju di Bogor, IMI dan  Taekwondo di Jawa Tengah, Untuk para atlit ini, nantinya dari lokasi try out langsung menuju Papua,  “ tambah H Nasir.

Harapan terbesar Kaltara untuk meraih medali emas ada pada cabang sepak takraw, dengan pola yang diterapkan pada PON XX dengan system Zona ini peluang kita sangat berpeluang dan bisa meraih dua emas.

Dari panjat tebing juga demikian, dimana atlit Kaltara yang berlaga disana pada pelaksanaan olimpiade lalu berhasil meraih medali perak. Selisihnya dengan juara dunia hanya sedikit saja yakni 0 koma sekian, “mudah-mudahan nanti mood nya bagus, “ imbuh H Nasir.

Demikan pula dengan Taekwondo, pada pra PON lalu dari cabang ini kita meraih medali emas, termasuk menembak dimana atlit Kaltara yang berasal dari Kostrad juga sangat berpeluang meraih juara.

“Sesuai target dari 12 Cabor, 6 medali emas yang nantinya bisa diboyong atlit kita, mohon doa saja, “ ungkap H Nasir.

Untuk pemberangkatan nanti dilaksanakan secara bertahap, mengingat di Papua juga ada nanti ada dua kelompok, yakni system kampus dan non kampus. Kalua yang Kampus seluruh biaya ditanggung oleh PB PON sedangkan non kampus seperti panitia tidak.

Tim AJU (Advance) dan panitia akan berangkat pertama kali, lantaran mereka nantinya bertugas memeriksa seluruh persiapan, termasuk untuk mengurus atlit, misalnya seperti boarding pas saat terbang, apa lagi ini menggunakan uang negara tentu ada pertanggungjawaban yang jelas dan terperinci.

“DIpapua juga nantinya ada 4 tempat perlombaan, jadi nantinya ada klaster Sentani, Timika, Merauke dan Jayapura, jadi akan tersebar, “tandas H Nasir.

Menyoal besaran anggaran, Ketua Koni Kaltara menyebut, ada tambahan Rp 16 Miliar, jadi keseluruhanya ada sekitar Rp 20 Miliar, dan anggaran tersebut cukup untuk pembiayaan.

“Dari Rp 20 Miliar tidak seluruhnya untuk PON, namun juga untuk pembinaan kepada para Cabor,  Musprov, Porprov, Kejurnas KONI juga wajib memberi anggaran pembinaan, “ tukasnya.

Misalnya saja saat ini di Kalimantan Utara keseluruhan ada sekitar 60 an lebih, semuanya perlu pembinaan dari KONI tersebut. *

Reporter : Sahri.

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bulungan

Dr Datu Iman Suramenggala Ketua Forum Yayasan Ane’ Belungon Kaltara

Published

on

Banner (Infografis).

TANJUNG SELOR _ Pengurus Yayasan Forum Komunikasi Ane, Belungon (FKAB) belum lama ini, menggelar rapat rencana pelantikan untuk perwakilan dilima kabupaten kota yang ada di Kalimantan Utara.

Rapat tersebut di hadiri oleh pengurus tingkat provinsi dan pengurus Cabang tingkat Kabupaten Kota Se Propinsi Kalimantan Utara di gelar di hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Sabtu 26 september 202, kemarin, di pimpin Ketua Umum nya, DR Datu Iman Suramenggala.

“Pertemuan ini merupakan agenda yang telah direncanakan sebelumnya pasca terbentuknya secara resmi YFKAB Provinsi Kaltara pada tanggal 3 Maret 2021 lalu, namun baru terlakasana karena situasi Pandemi Covid-19 yang penyebaran nya masih tinggi di Kaltara, “ ujar Datu Iman yang juga Cucu langsung dari Perdana Menteri Kesultanan Bulungan terakhir ini memaparkan.

Adapun agenda pembahasan adalah, terkait rencana pelantikan pengurus cabang tingkat kabuapten kota se kaltara, di perkirakan bosa dilaksanakan sekitar bulan oktober mendatang.

“Rencananya pengukuhan akan  dilaksanakan di Tanjung Palas, selanjutnya kemudian akan dirangkai dengan pelaksanaan Birau yg di selenggarakan oleh YFKAB dengan  mengairahkan kembali potensi seni budaya  kepada anak anak muda Belungon khususnya, “ ungkap Datu Iman.

Pembahasan juga berlanjut pada agenda organisasi secara internal, untuk pelaksanaan pelantikan dan birau direncanakan dengan melibatkan perwakilan cabang YFKAB se kaltara setelah mendapat izin dari gugus tugas covid kabupaten bulungan.

Diskusi tadi juga berkembang pada kebanggaan kita mengunakan aksesoris suku Belungon, sperti singal, batik belungon dan lain-lain. Yang merupakan symbol-simbol kebanggan.

“Pada kesempatan diskusi tadi saya mengharapkan akan ada sgera desain batik Belungon. Dan ini akan kita upayakan untuk di produksi oleh yayasan YFAB, tentunya dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan, “ imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Sekjen YFAB, Sabaruddin SP MSi, menjelaskan, terkait legalitas organusasi bahwa semua proses penerbitan akte notaris sudah selesai dan tinggal melengkapi beberapa dokumen yg kurang sperti foto copy KTP saja.

“Inshaa Allah dalam waktu dekat akte notaris Yayasan Forum Komunikasi Ane’ Belungon akan sgera terbit, “ kata dia.

Dalam diskusi sebelumnya, juga berkembang potensi publikasi organisaai yang akan segera di lounching saat pelantikan nanti, “kita usahakan forum ini akan memiliki web site sendiri, “ ujarnya.

Sekarang tinggal proses pemantapan persiapan pelantikan, serta upaya agar organisasi ini bisa dibesarkan menjadi sarana perekat persaudaraan ane’ ane Belungon dan menjadi kebangaan “ditanah” sendiri. *

Editor : Sahri.

 

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Lepas Tim PON XX Menuju Papua

Published

on

GuBrigjend Sulaiman, Chief de misiion (CDM) (kanan), Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum Gubernur Kaltara (kiri).

HM Nasir : Terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemprov

TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, Senin 27/9/2021 secara resmi melepas Kontingan Kaltara yang akan berlaga di PON XX Papua.

Pelepasan tersebut.dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas, dan dihadiri oleh seluruh atlet, Pengurus KONI dan Forkompinda Kalimantan Utara.

Dalam sambutan nya, Gubernur mengingat kan, untuk menjaga nama baik ditanah Papua, terus menjaga kesehatan.

“Semoga pencapaian Kaltara di PON XX Papua membaik dari pencapaian PON sebelumnya, ” kata Gubernur Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

Sementara itu< Ketua KONI Kaltara H Muhammad Nasir SE, melaporkan, ada 12 Cabor yang siap berlaga di Papua nanti.

“Ada 5 Cabor yang bisa berpeluang meraih medali emas, diantaranya panjat tebing, taekwondo, menembak, sepak takraw dan angkat besi, ” ujarnya.

Kendati demikian lanjutnya, beberapa Cabor lain nya tidak menutup kemungkinan akan bisa memperbaiki perolehan medali dari PON sebelumnya.

“Atas nama atlet dan seluruh jajaran pengurus KONI, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang se tinggi-tinggi nya kepada bapak Gubernur atas dukugan dan spirit yang diberikan, ” tutup HM Nasir. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Kaltara

Melawan Covid – 19, Pemuda Sulsel Bagi-Bagi Masker

Published

on

Kegiatan bagi-bagi masker oleh Pemuda Sulsel.

TANJUNG SELOR – Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS) Kaltara, peduli Covid – 19, bagi-bagi masker, kegiatan itu dilaksanakan disejumlah tempat strategis, di Tanjung Selor, kabupaten Bulungan.

Diketahui, sebelum kegiatan bagi-bagi masker tersebut, mereka juga telah melaksanakan bakti sosial, atau
kerja bakti membersihkan sampah di taman wisata Gunung Putih, Tanjung Palas.

Hari itu, ribuan masker dibagikan kepada masyarakat, khususnya di tempat-tempat padat penduduk seperti di Pelabuhan hingga pasar tradisional, yang memang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Ada ribuan masker yang kita bagikan hari ini, dengan menyasar tempat-tempat yang di padati warga seperti di pelabuhan ataupun di pasar,” kata Ketua KBPSS Kaltara, Asrul Salam.

Menurut Asrul, pembagian masker itu sebagai bentuk kepedulian pemuda Sulsel memutus mata rantai pandemi Covid-19 ini.

“Diharapkan, masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) yang salah satunya menggunakan masker saat melakulan aktifitasnya, ” kata dia.

Berharap, pandemi ini segera berakhir. Sekalipun berakhir, masyarakat juga bisa tetap mentaati prokes.

Kegiatan pembagian masker tersebut juga sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini. Mengingat untuk mengatasi virus non alam ini, dibutuhkan kesadaran kolektif untuk melawan penyebaran nya.

Kedepan, lanjut dia, KBPSS Kaltara akan terus melaksanakan kegiatan bakti sosial. untuk agendanya, masih akan di koordinasikan dengan kalangan pemuda Sulsel lainnya.

“Kita juga mengajak saudara-saudara kita dari provinsi lain untuk bergabung. Termasuk juga pemuda asli Kaltara, bersama-sama melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial,” pungkasnya.

Untuk diketahui, masker yang dibagikan adalah bantuan hasil pelatihan menjahit pelaku UMKM yang dilaksanakan Disnakertrans Provinsi Kalimantan Utara. *

*

Editor : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi