Connect with us

Berita Tokoh Kaltara

Memacu Napas Ekonomi Bulungan Melalui Penguatan Pasar

Published

on

H Djoko Susilo - Kosmas Kajan SS.

TANJUNG SELOR – Bakal Calon Wakil Bupati Bulungan, Kosmas Kajan SS, yang berpasangan dengan H Djoko Susilo SH, sebagai bakal calon Bupati periode masa bakti 2021 – 2024, dengan mengusung tagline Projomas, membangun desa menata kota, siap memperkuat ekonomi kerakyatan melalui pasar tradisional yang pelakunya adalah masyarakat ekonomi kelas menengah kebawah.

“Kedepan baik hasil laut berupa ikan udang dan hasil tambang nya perlu mendapat perlndungan dan penguatan dari pemerintah, ” tegas Kosmas kepada media ini kemarin.

Justru itu, kedepan perlu dikembangkan potensi perikanan yang kagsung berkorelasi dengan pangsa pasar yang ada. Antara lain melalui budidaya ikan, lobster air tawar, maupun budidaya ikan laut disekitaran perairan kabupaten Bulungan.

Kosmas Kajan SS di Pasar Sengkawit Tanjung Selor.

Tentu ini bisa diwujudkan melalui sumber daya manusia yang handal, baik pengelola perikanan nya maupun petugas penyuluh perikanan nya harus menguasai teknik budaya tersebut.

Tidak hanya potensi perikanan, bidang peternakan juga harus mendapat perhatian lebih. Terutama bagi peternak sapi maupun ayam, dimana di Bulungan permintaan akan daging segar terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Khusus peternakan sapi yang dikelola oleh masyarakat perorangan selama ini cukup menggembirakan. Terutama bagi warga eks transmigrasi yang bermukim di desa Gunung Putih, KM 9 dan KM 12 Tanjung Selor dan desa Panca Agung di Kecamatan Tanjung Palas Utara, ” imbuh Kosmas Kajan.

Tentu ini bila mendapat dorongan yang kuat dar pemerintah, kelak bisa menjadi salah satu penguatan ekonomi kerakyatan didaerah. * AL.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tokoh Kaltara

Datu Buyung : Saya Apresiasi Gerak Cepat Gubernur Kaltara Dan Wakil

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

– Semoga janji membangun Museum Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas bisa segera terwujud

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB), Drs Datu Buyung Perkasa, mengapresiasi langkah cepat Gubernur Kaltara Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum dan Wakil Gubernur Kaltara Dr Yansen TP M Si menginfeksi dan memberikan arahan serta semangat kerja kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi.

“Yang tidak kalah penting pak Gubernur juga terus mengjngatkan untuk tidak melakukan korupsi kolusi dan nepotisme kepada setiap ASN, ” ujar Datu Buyung Perkasa kepada media ini, Jumat, 19/2/2021.

Datu juga menambahkan, seyogyanya tidak hanya sebatas mengingatkan, tapi harus pula segera dilakukan audit pada setiap OPD, baik audit kinerja maupun audit anggaran yang digunakan.

“Kenapa saya saran kan harus ada audit kinerja dan anggaran?, agar nantinya dalam menjalankan setiap kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur setiap OPD bisa sukses melaksanakan nya, yang pada akhirnya akan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat Kaltara secara luas, ” harapnya.

Dibagian lain Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan juga berharap Gubernur dan Wakil Gubernur bisa merealisasikan janji kampanye nya secara bertahap.

“Semoga janji membangun museum Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas juga segera terwujud, ” ujar Datu Buyung.

Ia juga menyatakan siap mendukung penuh setiap kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara. Khususnya dalam melaksnakan pembangunan di 4 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Utara.

“Dengan semangat bermasyarakatnya pak Gubernur dan Wagub, semua pasti bisa dilaksanakan setelah dilakukan nya reformasi birokrasi secara besar-besaran, ” tutup Datu Buyung Perkasa. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Ruang Aspirasi

Mendesak Ibukota Bulungan Kembali ke Tanjung Palas

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Permintaan para tokoh masyarakat agar pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan dikembalikan ke Tanjung Palas, merupakan satu keharusan, mengingat Tanjung Selor sudah menjadi pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, yang sebentar lagi akan berdiri Pemerintahan Kota (Pemkot) disana.

“Kembalinya pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan ke Tanjung Palas sudah sewajarnya berdasarkan historis diawal terbentuknya, dan hal itu tidak ada kata tawar menawar lagi, ” terang Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, Drs Datu Buyung PerkasabM Pd, kepada media ini kemarin.

Menurut Datu Buyung, yang juga putera bungsu Perdana Menteri Kesultanan Bulungan terakhir ini menyebut, ketika Kesultanan Bulungan menyatakan bergabung dengan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1949, maka pada tahun 1950 dengan Surat Keputusan Mendagri No. C.17/15/3 tgl 29 Juni 1950 tentang pembentukan Swapraja Kutai, Bulungan dan Berau. Yang diperkuat lagi dengan SK Gubernur Kalimantan Timur Nomor 186/opb/92/14, tanggal 14 Agustus 1950, bahwa Swapraja di Kaltim berstatus Daerah Istimewa setingkat Kabupaten.

Dimana Kabupaten Bulungan, Kepala Daerah ditetapkan yaitu Sultan Bulungan DYMM MM Jalaluddin yang menjalankan roda Pemerintahan Daerah Istimewa, dengan Pusat Pemerintahan di Tanjung Palas.

Perkembangan selanjutnya, sesuai UU No.27 tahun 1959 dan Penetapan Presiden No.6 thn 1959, tanggal 7 September 1959, Daerah Istimewa Bulungan menjadi Pemerintahan Kabupaten Bulungan dan Bupati pertama terpilih, YM Andi Tjatjo gelar Datu Wihardja.

“Beliau dilantik pada tanggal 12 Oktober 1960 di Tanjung Selor, serta Pusat Pemerintahan Bulungan dipindahkan ke Tanjung Selor Bulungan, ” ujar Datu Buyung.

Olleh karena itu, mama setiap tanggal 12 Oktober diadakan ritual adat Kesultanan Bulungan, yang disebut “Birau Bulungan”. dirangkai dengan HUT Kabupaten Bulungan dan Kota Tanjung Selor.

Oleh sebab itu, sudah selayaknya dan seharusnya secara historis Pusat Pemerintahan Kabupaten Bulungan dikembalikan ke Tanjung Palas.

“Kami mendukung anak muda Bulungan Ananda Alwan Saputra yang menyuarakan untuk segera mengembalikan Pusat Pemerintahan Kabupaten Bulungan ke Tanjung Palas. Karena Tanjung Selor sudah menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara dan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, ” tegas Datu Buyung.

Ingat pesan Bung Karno pendiri Republik ini “JAS MERAH” – Jangan Sekali Melupakan Sejarah. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Pilkada, Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Minta Polisi Cyber Proaktif

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara, Drs Datu Buyung M Pd, menghimbau para netizen yang kerap berselancar di dunia Maya, khususnya pengguna media sosial menyampaikan status dan komentar yang sejuk.

“Ingat kita tengah melaksanakan tahapan Pemilu Kepala Daerah serentak, kondusiftas daerah dan Kamtibmas itu diatas segalanya, ” kata Datu Buyung Perkasa kepada media ini beberapa waktu yang lalu.

Jangan sampai lanjutnya, postingan maupun komentar serta unggahan video yang tak sehat, bisa memancing suasana yang tidak kondusif. ” Ingat, sejatinya kita semua bersaudara, politik yes, keamanan dan ketertiban wajib pula kita jaga bersama, ” imbuh Datu.

Ia juga menambahkan, akhir-akhir ini sebagian pengguna medsos sudah mulai melakukan ujaran yang tidak sehat. Mulai menyerang pribadi seseorang, sehingga akhirnya terjadi diskusi yang tidak terarah.

“Ingat undang-undang ITE itu jelas, bagi oknum terlapor bisa menjalani sangsi kurungan badan, ” tegas Datu lagi.

Harapan lain, demi kebersamaan yang sehat untuk semua. Diharapkan kepada tim cyber pemerintah khususnya pihak yang berkompeten proaktif melakukan patroli didunia maya.

Artinya, bila terdapat postingan atau komentar yang bisa memantik persoalan wajib segera disikapi.

“Harapan saya bila ada masyarakat yang dirugikan karena unggahan di medsos, pihak keamanan jangan ragu untuk bertindak, beri sangsi tegas sesuai peraturan perundang-undangan ITE yang berlaku, ” kata Datu Buyung Perkasa.

Salam damai, semoga Provinsi Kalimantan Utara kedepan menjadi provinsi yang maju dan sejahtera disegala bidang. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi