Connect with us

Berita Kaltara

Perhatian Gubernur Kaltara Bangkitkan Gairah Para Peternak Sapi di Bulungan

Published

on

Peternakan sapi warga desa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan.

– Berharap kembalinya kejayaan Bulungan sebagai sentra penghasil daging sapi di Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Perhatian Gubernur Kaltara Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, terhadap pengembangan sektor Pertanian dalam arti luas, khususnya bidang peternakan mulai menumbuhkembangkan ssmangat para peternak lokal di Kabupaten Bulungan.

Setidaknya harapan untuk mengembalikan Bulungan sebagai sentra penghasil daging sapi dan kambing seperti beberapa tahun silam mulai kembali bangkit dan menggairahkan semangat peternak untuk mengembangkan ternak milik mereka.

Bangkitnya semangat para peternak itu, disampaikan oleh Anwari Ekaputra SS, salah satu pemerhati peternakan didesa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, kepada media ini, Rabu, 1/9/2021.

“Selain butuh pembinaan, banyak para peternak yang butuh bantuan dari pemerintah untuk pengadaan sapi dan kambing, ” kata Anwari mengawali ceritanya.

Selain pengadaan dan pembinaan, para penggaduh juga membutuhkan lahan luas untuk ditanami pakan, agar asupan ternak yang dikembangkan dapat terjamin dengan baik.

Dengan perhatian yang diberikan oleh Gubernur, ia memprediksikan bila para penggaduh dibina oleh dinas tekhnis dan para PPL dalam waktu singkat Kabupaten Bulungan akan menjadi sentra daging sapi yang besar khususnya di Pulau Kalimantan seperti beberapa tahun silam.

“Seluruh jenis sapi bisa berkembang biak di Bulungan, seperti jenis sapi Bali, Simental, Angus dan jenis sapi lymosin bisa dibudidayakan, ” kata Anwari Ekaputra.

Intinya lanjut Alumni UGM Jogjakarta ini menambahkan, tentu harus ada keterpaduan antara pemerintah, dunia usaha dan petani, maka kesuksesan pengembangan ternak itu bisa segera terwujud.

Sementara itu, drh Jecky, salah satu pegiat peternakan di Bulungan, ketika diminta tanggapan nya menyebut, untuk keberhasilan bidang peternakan banyak faktor yang harus jadi pertimbangan. Diantaranya ketersediaan anggaran, SDM Petani, dan evaluasi menyeluruh dari bantuan ternak yang pernah diberikan sebelum nya.

*Bila semuanya sudah klop maka budidaya ternak bisa berhasil dengan baik sesuai harapan, ” tutupnya. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bulungan

Dr Datu Iman Suramenggala Ketua Forum Yayasan Ane’ Belungon Kaltara

Published

on

Banner (Infografis).

TANJUNG SELOR _ Pengurus Yayasan Forum Komunikasi Ane, Belungon (FKAB) belum lama ini, menggelar rapat rencana pelantikan untuk perwakilan dilima kabupaten kota yang ada di Kalimantan Utara.

Rapat tersebut di hadiri oleh pengurus tingkat provinsi dan pengurus Cabang tingkat Kabupaten Kota Se Propinsi Kalimantan Utara di gelar di hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Sabtu 26 september 202, kemarin, di pimpin Ketua Umum nya, DR Datu Iman Suramenggala.

“Pertemuan ini merupakan agenda yang telah direncanakan sebelumnya pasca terbentuknya secara resmi YFKAB Provinsi Kaltara pada tanggal 3 Maret 2021 lalu, namun baru terlakasana karena situasi Pandemi Covid-19 yang penyebaran nya masih tinggi di Kaltara, “ ujar Datu Iman yang juga Cucu langsung dari Perdana Menteri Kesultanan Bulungan terakhir ini memaparkan.

Adapun agenda pembahasan adalah, terkait rencana pelantikan pengurus cabang tingkat kabuapten kota se kaltara, di perkirakan bosa dilaksanakan sekitar bulan oktober mendatang.

“Rencananya pengukuhan akan  dilaksanakan di Tanjung Palas, selanjutnya kemudian akan dirangkai dengan pelaksanaan Birau yg di selenggarakan oleh YFKAB dengan  mengairahkan kembali potensi seni budaya  kepada anak anak muda Belungon khususnya, “ ungkap Datu Iman.

Pembahasan juga berlanjut pada agenda organisasi secara internal, untuk pelaksanaan pelantikan dan birau direncanakan dengan melibatkan perwakilan cabang YFKAB se kaltara setelah mendapat izin dari gugus tugas covid kabupaten bulungan.

Diskusi tadi juga berkembang pada kebanggaan kita mengunakan aksesoris suku Belungon, sperti singal, batik belungon dan lain-lain. Yang merupakan symbol-simbol kebanggan.

“Pada kesempatan diskusi tadi saya mengharapkan akan ada sgera desain batik Belungon. Dan ini akan kita upayakan untuk di produksi oleh yayasan YFAB, tentunya dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan, “ imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Sekjen YFAB, Sabaruddin SP MSi, menjelaskan, terkait legalitas organusasi bahwa semua proses penerbitan akte notaris sudah selesai dan tinggal melengkapi beberapa dokumen yg kurang sperti foto copy KTP saja.

“Inshaa Allah dalam waktu dekat akte notaris Yayasan Forum Komunikasi Ane’ Belungon akan sgera terbit, “ kata dia.

Dalam diskusi sebelumnya, juga berkembang potensi publikasi organisaai yang akan segera di lounching saat pelantikan nanti, “kita usahakan forum ini akan memiliki web site sendiri, “ ujarnya.

Sekarang tinggal proses pemantapan persiapan pelantikan, serta upaya agar organisasi ini bisa dibesarkan menjadi sarana perekat persaudaraan ane’ ane Belungon dan menjadi kebangaan “ditanah” sendiri. *

Editor : Sahri.

 

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Lepas Tim PON XX Menuju Papua

Published

on

GuBrigjend Sulaiman, Chief de misiion (CDM) (kanan), Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum Gubernur Kaltara (kiri).

HM Nasir : Terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemprov

TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, Senin 27/9/2021 secara resmi melepas Kontingan Kaltara yang akan berlaga di PON XX Papua.

Pelepasan tersebut.dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas, dan dihadiri oleh seluruh atlet, Pengurus KONI dan Forkompinda Kalimantan Utara.

Dalam sambutan nya, Gubernur mengingat kan, untuk menjaga nama baik ditanah Papua, terus menjaga kesehatan.

“Semoga pencapaian Kaltara di PON XX Papua membaik dari pencapaian PON sebelumnya, ” kata Gubernur Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

Sementara itu< Ketua KONI Kaltara H Muhammad Nasir SE, melaporkan, ada 12 Cabor yang siap berlaga di Papua nanti.

“Ada 5 Cabor yang bisa berpeluang meraih medali emas, diantaranya panjat tebing, taekwondo, menembak, sepak takraw dan angkat besi, ” ujarnya.

Kendati demikian lanjutnya, beberapa Cabor lain nya tidak menutup kemungkinan akan bisa memperbaiki perolehan medali dari PON sebelumnya.

“Atas nama atlet dan seluruh jajaran pengurus KONI, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang se tinggi-tinggi nya kepada bapak Gubernur atas dukugan dan spirit yang diberikan, ” tutup HM Nasir. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Kaltara

Melawan Covid – 19, Pemuda Sulsel Bagi-Bagi Masker

Published

on

Kegiatan bagi-bagi masker oleh Pemuda Sulsel.

TANJUNG SELOR – Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS) Kaltara, peduli Covid – 19, bagi-bagi masker, kegiatan itu dilaksanakan disejumlah tempat strategis, di Tanjung Selor, kabupaten Bulungan.

Diketahui, sebelum kegiatan bagi-bagi masker tersebut, mereka juga telah melaksanakan bakti sosial, atau
kerja bakti membersihkan sampah di taman wisata Gunung Putih, Tanjung Palas.

Hari itu, ribuan masker dibagikan kepada masyarakat, khususnya di tempat-tempat padat penduduk seperti di Pelabuhan hingga pasar tradisional, yang memang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Ada ribuan masker yang kita bagikan hari ini, dengan menyasar tempat-tempat yang di padati warga seperti di pelabuhan ataupun di pasar,” kata Ketua KBPSS Kaltara, Asrul Salam.

Menurut Asrul, pembagian masker itu sebagai bentuk kepedulian pemuda Sulsel memutus mata rantai pandemi Covid-19 ini.

“Diharapkan, masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) yang salah satunya menggunakan masker saat melakulan aktifitasnya, ” kata dia.

Berharap, pandemi ini segera berakhir. Sekalipun berakhir, masyarakat juga bisa tetap mentaati prokes.

Kegiatan pembagian masker tersebut juga sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini. Mengingat untuk mengatasi virus non alam ini, dibutuhkan kesadaran kolektif untuk melawan penyebaran nya.

Kedepan, lanjut dia, KBPSS Kaltara akan terus melaksanakan kegiatan bakti sosial. untuk agendanya, masih akan di koordinasikan dengan kalangan pemuda Sulsel lainnya.

“Kita juga mengajak saudara-saudara kita dari provinsi lain untuk bergabung. Termasuk juga pemuda asli Kaltara, bersama-sama melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial,” pungkasnya.

Untuk diketahui, masker yang dibagikan adalah bantuan hasil pelatihan menjahit pelaku UMKM yang dilaksanakan Disnakertrans Provinsi Kalimantan Utara. *

*

Editor : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi