Connect with us

Berita Kaltara

Program Dokter Terbang di Perbatasan Kaltara Terus Berlanjut

Published

on

Usman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Program dokter terbang, yang merupakan salah satu unggulan Dinas Kesehatan Peovinsi Kalimantan Utara, terus berlanjut pada tahun anggaran 2021 ini.

Dokter terbang tersebut, untuk melayani warga perbatasan, khususnya pasien yang membutuhkan keberadaan dokter spesialis.

Secara terpisah, melalui pesan WhatsAPP, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara, Usman, belum lama ini mengatakan, untuk sementara dokter terbang yang terdiri dari dokter spesialis anak dan penyakit dalam, sedang berada di Pujungan Kabupaten Malinau.

Selanjutnya akan bertolak menuju Krayan, di Kabupaten Nunukan.

Diketahui, program dokter terbang untuk melayani warga perbatasan yang ada di Kalimantan Utara sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, dna berlanjut hingga tahun ini.

“Keseluruhan total anggaran yang digunakan berjumlah Rp 956, ” tutup Usman. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nunukan

Deker Jalan Menuju Desa Bulan-Bulan Kecamatan Lumbis Nunukan Hanyut

Published

on

Simson Sekretaris Desa Bulan-Bulan Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan Kaltara.

MANSALONG – Gorong-gorong penghubung dari desa Bulan-Bulan menuju desa Mansalong, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan hanyut terbawa arus air, akibat nya akses jalan warga terputus.

Hanyutnya,  tersebut pertama kali diketahui saat panitia pemungutan suara (PPS) kecamatan mengantar peti dan surat suara, pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, 9/12/2020 lalu.

“Seiring berjalan nya waktu akhirnya ruas jalan disekitar deker dimaksud sepanjang lebih kurang 8 M ambruk total, ” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Bulan-Bulan, Senin 19/4/2021.

Dimana hal tersebut sudah pernah ditinjau oleh tim Bappeda Nunukan, saat pelaksanaan Musrenbang, bebeberapa waktu lalu.

Menurut nya,  akibat adanya bencana alam alias banjir sungai Kujau, yang menyebabkan deker disana habis dibawa air.

Agar bisa menjangkau desa Mansalong, untuk berbagai keperluan. Warga terpaksa membangun jembatan darurat secara swadaya.

“Kalau terjadi banjir jembatan darurat juga dipastikan hanyut, akses warga kembali terputus, ” kata Simson.

Sementara itu, jembatan disungai Lumuton, salah satu anak sungai lain nya yang menghubungkan desa Bulan-Bulan kedesa sekitarnya juga terancam putus. Dimana saat ini kondisi diskeitar jembatan mulai terjadi longsoran.

“Saya pastikan kalau ada bencana banjir, jembatan Lumuton juga akan ambruk. Mengungat jembatan ini merupakan jembatan darurat yang terdiri dari hamparan kayu bulat yang ditimbun tanah.

“Saat ini warga yang mengangkut buah sawit menuju pabrik milik PT NSM (Nunukan Sawit Mas) terpaksa memutar jalan yang cukup lumayan jauh, ” tutup Simson. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Bulungan

Ruas Jalan Trans Kaltara Disekatak Bulungan Terancam Putus

Published

on

Kondisi ruas jalan trans Kaltara di Sekatak, Bulungan, Kaltara Yang nyaris putus akibat genangan air saat musim hujan tiba.

TANJUNG SELOR – Jalan poros trans Kaltara di Sekatak Buji, Bulungan, Kalimantan Utara, kondisi nya kian memperihatinkan, dari dua jalur hanya satu jalur jalan saja yang bisa dilintasi secara bergantian oleh berbagai jenis kendaraan yang melintas dari arah berlawanan.

Hal itu terjadi akibat jalur sebelah dari pada ruas jalan itu mulai berlubang cukup dalam, karena terus dikikis oleh air hujan yang menggenangi ruas jalan itu.

Bila saja sebelumnya, dibangun deker sebagai jalan aliran air, tentu saja genangan air di jalan poros trans Kaltara di desa Sekatak ini tidak perlu terjadi, lantaran limpahan air dari perbukitan disisinya saat musim hujan bisa langsung mengalir kesungai.

Perumahan warga yang tergenang air lantaran tak ada deker dan draenase sebagai aliran air saat musim hujan tiba.

Hasil pantauan media ini, Sabtu, 17/4/2021 saat melintasi daerah itu, aliran air yang menggenang dan nyaris menenggelam kan perumahan masyarakat disekitarnya kian bertambah, akibat perbukitan yang ada di sana sudah diratakan dengan menggunakan alat berat. Otomatis bukit dimaksud sudah berubah dari bentuknya semula.

Sehingga air yang sebelumnya mengalir disisi perbukitan kini berubah arah menuju perumahan masyarakat

Hal ini terjadi secara terus menerus, kumpulan air semakin banyak, tidak hanya mengancam perumahan warga disekitarnya tapi sudah mulai merusak jalan raya disana.

Artinya saat ini sudah sangat mendesak dibangun deker yang membentang diseluruh badan jalan, serta draenase yang langsung menuju sungai Sekatak, supaya setiap musim hujan tiba daerah ini akan terbebas dari genangan air tersebut. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Kaltara

Pergub Perusahaan Wajib Berkantor Dikaltara Segara Diteken Gubernur

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

TANJUNG SELOR – Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penetapan wajib pajak dan pendirian kantor cabang bagi pelaku usaha yang berinvestasi di Kaltara, saat ini sudah tahap akhir di Biro Hukum Setprov Kaltara.

Artinya Pergub itu dalam waktu dekat akan segera disahkan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, dan sudah bisa diberlakukan oleh Instansi Tekhnis yang membidangi soal pungutan pajak.

Menurut sumber media ini di kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMSTP) Kaltara, sebut saja namanya Man, mengatakan, dalam hal penyusunan Pergub tersebut pihak nya hanya membantu menyusunkan saja draft pergubnya, nanti yang mengimplementasikanyadilapangan dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD).

Upaya ini dilakukan hanya untuk membantu daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Upaya peningkatan PAD ini tidak hanya semata disektor pungutan pajak, kedepan bagaimana celah untuk mencari peluang pungutan Retribusi bisa dilaksanakan, hal itu masih memungkinkan untuk disiasati oleh DPMSTP.

Kalau semua perusahaan di Kaltara wajib membuka kantor, tentu dari sisi penerapan tenaga kerja lokal juga bisa terbantu.

Untuk memastikan itu, setiap perusahaan juga wajib mengantongi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) daerah, supaya mudah untuk melakukan pemantauan apakah mereka (Perusahaan) sudah benar-benar memiliki kantor di Provinsi Kalimantan Utara. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi