Connect with us

Berita DPRD Kaltara

Besok, Presidium Kota Tanjung Selor Bertemu Stafsus Kemendagri

Published

on

H Achmad Djufrie SE MM Ketua Presidium Percepatan Kota Tanjung Selor Sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kalimantan Utara.

– Bahas kesiapan percepatan sebagai DOB baru di Indonesia

TANJUNG SELOR – Ketua Presidium Percepatan Pembentukan Kota Tanjung Selor sebagai salah satu daerah otonomi baru (DOB) baru di Indonesia, Achmad Djufrie SE MM, menjadwalkan, besok, Rabu, 31/3/2021 bertemu staf khusus (Stafsus) Kementerian Dalam Negeri bidang Keamanan dan Hukum dan Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan, di Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

“Tim percepatan dari Kementerian Dalam Negeri ini nantinya akan meninjau langsung kesiapan kota Tanjung Selor sebagai DOB baru, ” kata Achmad Djufirie, Selasa 30/3/2021.

Kita harus menyambut dengan baik, agar sejarah baru terukir kembali dibumi Benuanta.

Presidium sangat optimis, karena seluruh sarat untuk mendapat persetujuan dan dukungan dari pemerintah pusat sudah lengkap.

Mulai dari dukungan Bupati Bulungan, Gubernur Kalimantan Utara, dari DPRD Kabupaten serta DPRD Provinsi juga sudah ada, demikian pula untuk kajian akademis nya.

Tinggal secara tekhnis yang belum siap, karena nya kita berharap tim dari Kemendagri nanti langsung menunjuk berdasarkan undang-undang nomor 20 Tahun 2012 mengatakan bahwa ibukota Provinsi Kalimantan Utara berkedudukan atau beribukota di Tanjung Selor.

“Harapan lain nya setelah tim Kemendagri selesai melakukan peninjauan, maka segera dibentuk kota Tanjung Selor dengan menyetujui sarat yang sudah ada. Segera melakukan evaluasi akhir seperti didaerah lain bahwa ibukota Provinsi berada di Kota Tanjung Selor tersebut, ” tegas Achmad Djufrie.

Dengan demikian nantinya juga harus disiapkan Kantor Pj Walikota dan Sekretariat DPRD Kota Tanjung Selor.

Terkait pendanaan awal, Achmad Djufrie, menegaskan lagi, harus ada perhatian dari Pemerintah Pusat untuk membantu anggaran awal melalui APBN, serta kesiapan dana sumbangan wajib dari Kabupaten Induk dan Provinsi Kalimantan Utara diawal berdirinya pemerintah kota Tanjung Selor. *

Reporter : Sahri.

DPRD Kaltara

Giat Apel Pagi Staf Sekretariat DPRD Kaltara

Published

on

HM Fandi SH M AP (kanan) Sekretaris DPRD Kaltara.

TANJUNG SELOR – Apel Pagi Pegawai ASN dan Non ASN Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Utara dilaksanakan di Kantor DPRD Prov. Kaltara yang berada di Jalan Poros Bulungan-Malinau Gunung Seriang.

Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPRD Prov. Kaltara H. Mohammad Pandi, SH., M.AP.

Adapun tujuan apel pagi yang dilakukan ini secara rutin memiliki manfaat bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai.

Selain itu juga sebagai sarana bagi pimpinan memberikan pembinaan, arahan dan melakukan pengawasan, serta untuk menyampaikan berbagai informasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam satu minggu kedepan.(hms/jk/kjs).

Continue Reading

DPRD Kaltara

Ketua DPRD Kaltara Hadiri Rapat Pemantapan Ketahanan Pangan

Published

on

Ketua DPRD Kaltara Albertuus Stefanus Marianus ST (baju hitam).

— dan Pembukaan pembekalan pendamping Sekolah Lapang Padi tahun 2024.

TARAKAN – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara menghadiri Rapat Pemantapan Ketahanan Pangan dan Pembukaan Pembekalan Pendamping Sekolah Lapang Padi Tahun 2024, Senin (06/05/24).

Dalam acara ini dihadiri langsung Staf khusus Menteri Bidang Kebijakan Pertanian serta Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Royal Tarakan ini bertujuan untuk membahas bersama untuk meningkatan ketahanan pangan di Provinsi Kalimantan Utara.(hms/jk/kjs).

Continue Reading

DPRD Kaltara

DPRD Kaltara Kunker ke Tapem DIY

Published

on

Poto bersama usai pertemuan.

YOGYAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara yang tergabung dalam Pansus 2 melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Biro Tata Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (02/05/24). Tujuan kunjungan ini adalah untuk berkonsultasi terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah Pembangunan Wilayah Perbatasan Kalimantan Utara.

Pansus ini tengah mengkaji pembangunan wilayah perbatasan Kalimantan Utara dengan laut dan darat, sehingga Pansus II melakukan konsultasi untuk penyesuaian dengan kebijakan Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta dengan Perda yang dimiliki saat ini.

Dalam pertemuan ini, Ibu Hj. Siti Laela menjelaskan bahwa Rancangan Peraturan Daerah ini berasal dari inisiatif DPRD Kalimantan Utara, dan wilayah perbatasan merupakan fokus utama pembahasan.

Kemudian, Ibu Agustina Pangestuaji, S.I.P selaku Kepala Bagian Pemerintahan Umum mengatakan karena di Kalimantan Utara memiliki beberapa wilayah perbatasan melibatkan perbatasan negara, maka Pansus II perlu melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) untuk lebih detail membahas hal tersebut.

Ia juga menekankan pentingnya kepastian hukum dalam penataan wilayah perbatasan. Sudah ada regulasi dari Pemerintah Pusat terkait penataan wilayah perbatasan, termasuk pemasangan pilar-pilar batas. Namun, masih diperlukan koordinasi lebih lanjut dengan instansi terkait, terutama terkait dengan perbatasan negara.

Kemudian Ia juga menambahkan pentingnya penyesuaian antara sektor pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum di daerah perbatasan dengan wilayah pemerintahan. Keselarasan ini dianggap penting untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah serta memperkuat fungsi perkantoran.

Rencananya, Pansus II akan melakukan study banding langsung ke lapangan untuk melihat batas wilayah kabupaten/kota di D.I Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas terkait penataan wilayah perbatasan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah di Kalimantan Utara.

Perencanaan pembangunan wilayah perbatasan menjadi hal yang penting untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah, serta meminimalisir kesenjangan antar daerah.

Melalui konsultasi dan kerjasama ini, diharapkan Rancangan Peraturan Daerah Pembangunan Wilayah Perbatasan Kalimantan Utara dapat segera disusun dan diimplementasikan.(hms/jk/kjs).

Continue Reading

Trending